Apakah itu “Reported Phishing Website Ahead!” di Google Chrome

Kalau pada Google Chrome muncul pesan peringatan “Reported Phishing Website Ahead” saat membuka suatu link atau alamat website, maka tahan dulu kegiatan browsing anda. Apa yang dimaksud dengan peringatan ini?

Pesan peringatan pada Google Chrome ini selengkapnya adalah:

Reported Phishing Website Ahead!
Google Chrome has blocked access to contoh-website-phishing.com. This website has been reported as a phishing website.
Phishing websites are designed to trick you into disclosing your login, password or other sensitive information by disguising themselves as other websites you may trust.

google-chrome-reported-phishing-website-ahead

Apa yang sebaiknya dilakukan saat halaman peringatan ini muncul?

Mudah saja, tutup jendela browser Google Chrome baik dengan klik Go Back atau menekan tombol silang di tabnya. Pokoknya segera jauhi tautan ini karena memiliki resiko keamanan bila dibuka.

Apakah arti dari Reported Phishing Website Ahead?

Peringatan ini berarti ada bahaya yang mengancam keamanan komputer atau gadget anda kalau dikunjungi dan Google Chrome melindungi dengan menahan anda di halaman ini. Sedangkan Phishing website adalah jenis situs yang berfungsi melakukan penipuan terhadap pengunjungnya, biasa yang diincar adalah data pribadi anda dan informasi keuangan seperti kartu kredit. Umumnya tampilan situs phishing akan meniru website populer supaya orang yang mengunjunginya lengah dan memasukkan informasi rahasia yang diminta.

Minimal yang terjadi adalah akun social media anda seperti Facebook atau Twitter akan dibajak dengan update status sendiri atau tweet aneh – aneh. Bisa malu kalau yang muncul adalah situs – situs yang tidak seharusnya di status anda.

Saya tetap ingin membuka situs yang diblokir Google Chrome ini, bagaimana caranya?

Kalau anda tetap bersikeras mengunjungi website tersebut maka klik Advanced dan selanjutnya pilih Proceed at your own risk.

google-chrome-proceed-at-your-own-risk

Sekali lagi saya tidak menyarankan hal ini, berhati – hatilah dan aktifkan segala software keamanan di komputer anda untuk mencegah hal – hal yang tidak baik terjadi.

2 pemikiran pada “Apakah itu “Reported Phishing Website Ahead!” di Google Chrome”

    • Halo Agus, yang terkena website anda atau yang ingin dikunjungi? Kalau milik anda saya sarankan diinstall ulang CMSnya dan hanya mengambil konten dari situs lama. Kalau milik orang lain dan anda membutuhkan aksesnya maka bisa diskip walau tidak aman.

Tulis komentar...