Apakah itu “Requests to the server has been blocked by an extension.” di Google Chrome?

Browser utama saya adalah Mozilla Firefox, tapi kadang – kadang saya masih menggunakan Google Chrome untuk membuka situs tertentu, dan saya baru menyadari pada beberapa bagian dalam tampilan situs muncul kotak abu – abu berisi pesan “Requests to the server has been blocked by an extension,” dan dilengkapi dengan icon yang menyedihkan. Agak penasaran juga jadinya apa maksud dari pesan error ini.

Kalau diartikan sih sudah cukup jelas, kalau pada kotak yang muncul pesan ini gagal menampilkan elemennya, dan ini dikarenakan permintaan ke server diblokir oleh salah satu extension di Google Chrome. Ukuran kotaknya sendiri bermacam – macam, bisa kecil sampai separuh halaman jadi bisa mengganggu kenyamanan browsing kalau dibiarkan.
google-chrome-requests-server-blocked-extension

Entah sejak kapan Google Chrome menggunakan sistem peringatan seperti ini, kemungkinan sejak versi 32 atau 33. Jadi perilaku ini memang berbeda dari sebelumnya yaitu Chrome menyembunyikan elemen yang dimatikan oleh suatu extension, dan yang baru ini memberikan ilusi kalau ini adalah suatu masalah besar.

Setelah memahami apa maksud dari pesan kesalahan ini, saya akhirnya menyadari kalau yang diblokir adalah iklan yang muncul pada website, dan ini memang saya blok tampilannya menggunakan ekstensi Adblock Plus di Google Chrome.
google-chrome-extensions-adblock-plus

Tapi kalau anda tidak menginstall ekstensi semacam Adblock Plus atau yang diblokir aksesnya bukan iklan maka kemungkinannya bisa disebabkan extension lain atau terjadi kerusakan pada setting Chrome anda, dan ini perlu diperbaiki.

2 pemikiran pada “Apakah itu “Requests to the server has been blocked by an extension.” di Google Chrome?”

Tulis komentar...