Apakah itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) istilah ini sering kita dengar dalam dunia pembuatan website, yang dimana kalau anda memiliki kemampuan memahami SEO niscaya situs anda akan selalu ramai karena peringkatnya dengan kata – kata pencarian (keyword) tertentu akan selalu masuk 10 besar di hasil search engine seperti Google atau Bing.
google-webmasters-site-dashboard

Sejarah SEO

SEO ini muncul karena Google sebagai mesin telusur paling sukses dan terpopuler di dunia memperhitungkan pentingnya konten yang berbobot dan berhubungan satu sama lain. Inilah dasar dari algoritma PageRank dari kedua pendirinya si Larry Page dan Sergey Brin, yang menurut mereka bahwa semakin banyak link menuju ke suatu halaman berarti isinya adalah penting dan relevan bagi pengunjungnya.

Karena itu orang – orang mulai berlomba menulis konten dan memperbanyak backlink ke website mereka supaya dianggap penting dan memiliki ranking yang terbaik pada keyword yang diincarnya. Inilah awal mula dari optimasi mesin pencarian.

Apa yang perlu dilakukan supaya website menjadi SEO?

Pada dasarnya ada 2 jenis SEO yang umum digunakan SEO Onpage dan SEO Offpage, semuanya bisa dilakukan secara berbarengan karena mereka saling mendukung hasilnya.

Jadi, apa itu SEO Onpage?

Mari kita bahas dulu yang onpage, SEO jenis ini berarti anda melakukan optimasi pada website anda sendiri dan bisa dikatakan yang paling mudah. Umumnya yang perlu dilakukan adalah:

  • Menulis konten yang berguna dan berisi keyword pencarian yang anda incar.
  • Konten menggunakan URL yang mudah dibaca, istilahnya adalah setting permalink atau pretty url.
  • Bila ada gambar jangan lupa isikan atribut alt-nya yang menjelaskan isi gambar.
  • Buat sitemap dan daftarkan ke Google Webmasters.
  • Optimasi kecepatan website anda, sekarang Google memperhitungkan kecepatan akses situs sebagai faktor perhitungan rankingnya.

Sudah, ini saja cukup sebagai pondasinya.

Kalau SEO Offpage?

Sedangkan SEO Offpage menggunakan faktor eksternal untuk mempengaruhi posisi artikel di hasil pencariannya. Faktor eksternal ini seperti:

  • Mencari backlink menuju konten yang ingin diperbaiki peringkatnya, semakin banyak dan semakin relevan akan semakin baik. Anda bisa memulainya dengan aktif di forum seperti Kaskus atau berkomentar di blog – blog yang satu topik dengan konten anda.
  • Sebarkan link konten anda melalui social media seperti Google +, Facebook, Linkedin, Twitter, Pinterest dan masih banyak lagi.

Setelah itu? Apa yang perlu dilakukan?

Tunggu saja, karena peringkat posting anda akan diacak atau diujicoba kepada pengunjung yang mencari kata kunci tertentu. Bisa dikatakan pada awalnya ranking anda tidak akan stabil. Setelah mendapatkan hasil percobaan terhadap konten anda maka akan ditentukan pada peringkat berapa anda, dan ini bisa memakan waktu berbulan – bulan, kecuali anda tidak memiliki saingan yang berarti maka dijamin anda minimal di halaman pertama.

Lainnya

Disini saya cuma menuliskan apa yang saya tahu mengenai Search Engine Optimization, dan tidak pernah merasa menjadi ahli SEO. Jadi kalau ada kesalahan mohon dikomentari, juga kalau ada pertanyaan akan saya jawab sebaik – baiknya berdasarkan kemampuan saya.

2 pemikiran pada “Apakah itu SEO?”

Tulis komentar...