Apakah itu Twitter Cards?

Bagi anda yang sering menggunakan Twitter (atau Tweeps istilahnya) pasti pernah melihat ada tweet berisikan link akan muncul pilihan lain yaitu View Summary atau Lihat Ringkasan. Kalau diklik akan muncul informasi lebih lanjut mengenai link tersebut lengkap dengan gambarnya, kalau ada video pun bisa disetel. Jadi tweet tersebut bisa dikatakan melewati batasan 140 karakter Twitter.
twitter-tweet-with-twitter-cards

Inilah yang dimaksud dengan Twitter salias Kartu Twitter, dengan menggunakan fitur ini anda bisa membuat tweet menjadi lebih informatif dan akan lebih menarik perhatian. Anda akan mendapatkan link atribusi ke username Twitter anda, ringkasan singkat mengenai artikel yang dishare di Twitter dan gambar yang ada di artikel tersebut. Jadi ini akan meningkatkan populeritas akun Twitter anda dan bisa menambahkan followernya dengan mudah dibanding link tanpa Twitter Cards.
twitter-tweet-view-summary

Ini hanyalah tampilan default dari Twitter Cards, masih banyak lagi jenis tampilannya yang bisa dipilih sesuai jenis konten website anda. Seperti ringkasan (default), video, foto, produk dan sebagainya.

Bagaimana cara mendaftarkan website anda agar bisa mendapatkan Twitter Cards ini? Kunjungi halaman Twitter Cards di Developer Twitter, login dengan akun Twitter anda dan validasi salah satu artikel anda. Twitter Cards memiliki kode markup sendiri dan harus ditambahkan disetiap halaman di website atau blog anda.

Beberapa CMS terkenal seperti WordPress, Drupal dan Joomla memiliki plugin yang otomatis menyematkan markup untuk Twitter Cards, jadi anda tidak perlu repot – repot menuliskan secara manual. Kalau anda menggunakan Blogger(blogspot) anda bisa menambahkan kode secara otomatis untuk diletakkan di templatenya.

Silahkan sesuaikan kode website anda agar mengintegrasikan markup dari Twitter Cards, validasi di halaman developer Twitter. Bila berhasil silahkan tunggu beberapa hari untuk mendapatkan pengaktifan fitur Twitter Cards di website anda.

Tulis komentar...