Apakah maksud “Do not cover this hole” pada Harddisk?

Pada beberapa harddisk anda akan menemukan pesan peringatan “Do not cover this hole”. Apakah lubang yang dimaksud ini dan apa yang akan terjadi bila anda menutup lubang tersebut?

Ternyata lubang yang dimaksud ini berfungsi untuk mengatur penyetaraan tekanan udara didalam dan diluar harddisk. Tapi bukan berarti lubang tersebut terhubung langsung dari luar ke dalam, terdapat filter didalam lubang yang berfungsi menyetarakan tekanan udara diantar keduanya. Jika harddisk tersebut ditutup rapat tanpa celah, kemudian digunakan pada ketinggian yang berbeda dari tempat pembuatan di pabriknya maka bisa menyebabkan kerusakan fatal pada harddisk.

Lubang berukuran sekitar 0.5mm ini juga umum disebut sebagai breather hole. Harddisk memerlukan tekanan udara tertentu untuk beroperasi. Jika tekanan udara terlalu rendah maka kekuatan mengangkat head dari harddisk akan berkurang dan posisinya menjadi terlalu dekat dengan disk, hal ini bisa mengakibatkan crash pada harddisk dan resiko hilangnya data. Harddisk modern juga mengikutsertakan sensor temperatur dan akan menyesuaikan kinerjanya bergantung pada kondisi lingkungannya.

Kesimpulannya bila lubang ini tertutup maka bisa berakibat kerusakan fatal seperti rusak fisik dan kehilangan data, jadi biarkan saja lubang tersebut.

Tulis komentar...