Apakah normal Windows Defender mati kalau ada antivirus lain terinstall?

Mungkin terlalu agresif kalau saya bilang sudah tidak perlu antivirus lagi di Windows 10. Kenapa? Karena Microsoft sudah menyertakan Windows Defender sebagai software antivirusnya dan gratis lagi. Juga, kualitasnya sendiri tidak kalah dengan merek antivirus/antimalware berbayar. Memang cukup signifikan perubahannya kalau ingat dulu di Windows 7 dihujat.

Secara historis namanya sendiri selalu diupdate: Microsoft AntiSpyware > Windows Defender > Microsoft Security Essentials > Windows Defender Security Center > Microsoft Defender Antivirus (saat ini).

Tapi bagi yang sudah punya kebiasaan install antivirus (Avast, AVG, Panda, SMADAV, Malwarebytes dan seterusnya) tidak dilarang. Bebas kok.’Nah… setelah instalasi inilah akan muncul bahwa Windows Defender is Disabled. Ini mungkin bisa bikin bingung karena mengira komputer kita tidak aman lagi.

Singkat cerita, tidak kok semuanya aman terkendali. Sistemnya seperti ini, walau Windows Defender sendiri itu adalah software AV bawaan tapi diperbolehkan untuk digantikan. Tapi tidak bisa digunakan bersamaan proteksinya, karena akan berebut sumber daya yang ada.

Jadi bukannya semakin aman malah efeknya bisa membuat Windows lambat saat digunakan karena 2 aplikasi melakukan hal serupa saat bekerja, ga bisa gotong royong lho. Makanya kalau anda mengaktifkan misal Kaspersky maka otomatis nonaktif software keamanan satunya. Jadi hal ini sangat normal sekali. Tidak usah khawatir.

Sedikit tips saja, Windows Defender bekerja dengan perlindungan realtime. Jadi seluruh aktivitas kita akan discan. Apabila kita memang menginginkan tambahan antivirus maka saya anjurkan pakai Malwarebytes versi gratis.

Kenapa? Karena fungsinya lebih ke malware/ransomware daripada virus biasa, jadi lebih spesifik tugasnya dan saling melengkapi jadinya. Juga versi gratisnya sudahlah cukup, untuk scan memang manual kita instruksikan tapi ini bagus kombinasinya sebab tidak menggantikan defender. Sedangkan versi berbayar malah bisa realtime dan ini belum tentu kita butuhkan.

2 pemikiran pada “Apakah normal Windows Defender mati kalau ada antivirus lain terinstall?”

  1. Dulu paling suka pake anti virus AVG sebelum pakai Windows 10, tapi setelah pakai Windows 10 udah tidak minat lagi pakai anti virus lainnya, cukup menggunakan Windows Defender yang ternyata lebih enak tidak mengganggu kinerja windows itu sendir. #cmiiw 🙂

    Balas
    • Betul sekali mas, sekarang pakai aslinya Windows 10 sudahlah cukup. Tinggal masalah kebiasaan saja, seperti browsing ga ke situs yang aneh-aneh, biasanya disusupi link download ga jelas.

      Juga hindari aplikasi bajakan juga, rentan malware. Kalau parah kena virus crypto dan data penting dipassword nantinya kecuali ditebus.

Tinggalkan komentar