Battle Hackers: RPG kartu dengan tema dunia digital

Kalau biasanya kita bermain RPG di Android atau iOS dengan genre TCG (Trading Card Game) dan unit atau monsternya adalah bertipe fantasi, maka saya akan membahas sebuah game RPG yang monster – monsternya bertema digital. Namanya adalah Battle Hackers, disini anda memiliki misi menjadi yang terkuat sambil menyelamatkan dunia (yah… kaya biasanya lah, jadi pahlawan kerjaannya sudah jelas).

Saat saya memainkan game ini jadi teringat Digimon, karena tipe monsternya ada virus, bug, firewall, vaccine dan sejenisnya. Cara kerjanya adalah seperti elemen pada RPG umumnya, contohnya vaksin menang melawan virus dan sebagainya. Kalau dilihat dari desain karakter dari setiap monster saya teringat Digital Devil Saga yang merupakan salah satu game dalam dunia Persona. Cara bertarungnya adalah anda membuat sebuah deck dulu berisi kartu – kartu, nanti mainnya adalah tim lawan tim dan bergantian gilirannya.
battle-hackers-hack

Jadi kalau unit anda kuat diawal malah bisa membunuh musuh berkali – kali sampai mati sendiri, sayangnya kekuatan monsternya terasa tidak imbang. Banyak sekali one hit killnya, baik kartu saya juga kartu musuh, jadi serasa siapa yang memukul dulu itulah yang menang. Menaikkan level kartunya juga susah dan efeknya terbilang minimal.

Uang bisa didapatkan dari memasang server dengan jenis yang sesuai, enak benar kalau ada mesin yang sesungguhnya – mungkin inspirasinya dari bitcoin mining. Uang di Battle Hackers digunakan untuk membeli server (uang jadi uang), mengupgrade kartu dan evolusi monsternya.
battle-hackers-server

Dari percobaan saya kita bisa melakukan evolusi sebanyak 3 kali untuk satu kartu, yang dibutuhkan adalah kartu yang sama akan dikorbankan. Tapi walau sudah dilakukan evolution tampilannya tidak berubah, hanya ada warna yang mengelilingi monster tersebut seperti aura. Efek evolusi jadinya cuma sebatas status naik.
battle-hackers-evolution
Tips dan trik untuk Battle Hackers belum banyak, saya saat ini menyarankan sering – seringlah melakukan event yang ada. Hadiahnya adalah kartu bintang tiga keatas, dan ini benar – benar jauh kuatnya dibanding kartu dengan bintang dibawahnya.

Kalau anda ingin mendapatkan kartu baru caranya antara dengan draw card, hadiah misi, atau menangkapnya sendiri. Untuk menangkap kartu baru silahkan sering – sering gunakan Special Attack saat bertanding, ini hanya bisa digunakan pada dunia Hack, jadi PvP dan Raid Boss Battle tidak bisa digunakan. Semakin banyak bintangnya maka semakin kecil kemungkinan mendapatkannya.

Kekurangan game ini yang saya rasakan adalah susahnya mencari gold, juga banyaknya aktivitas yang membutuhkan energi. Jelas permainan kita akan menjadi terbatas karenanya. Masalah yang tidak berhubungan dengan memainkan gamenya adalah tidak adanya tombol keluar dari game, jadi saya terpaksa menutup prosesnya kalau ingin berhenti bermain.

Saat pertama kali anda main maka akan ditawarkan untuk memasukkan kode (Friend Referral Code) yang akan memberikan anda sebuah kartu bintang tiga. Silahkan anda gunakan kode milik saya (tidak wajib): CFG-VWY-YQW untuk mendapatkannya.

Tulis komentar...