BitCalm: Backup server aman perasaan tenang

Bagi pemilik server baik yang bertipe VPS, Cloud, atau Dedicated pasti sudah tahu kalau yang paling penting adalah data yang ada didalamnya. Proses backup data server sendiri ada bermacam – macam, mulai dari yang paling dasar membuat arsip sendiri dan didownload ke komputer filenya, diotomatiskan dengan bantuan cron untuk dilakukan secara terjadwal, dibackup ke server lainnya, atau menggunakan layanan pihak lain.

Salah satu layanan backup data server yang sedang saya gunakan adalah BitCalm, yang dari namanya seperti memberitahukan bahwa data kita bit setiap bit akan dibackup sehingga kita bisa tenang. 🙂 Nah… untuk pemilik server kecil atau tidak banyak data yang harus dicadangkan maka kita bisa mencoba layanan gratis BitCalm sebesar 5GB, anda tinggal mendaftarkan diri dan memilih paket Startup.
bitcalm

Nanti anda akan diminta memasukkan server yang ingin dibackup. Oh ya, BitCalm saat ini hanya mendukung sistem operasi Linux. Pada kode yang ditampilkan silahkan dicopy-pastekan ke Shell server anda. Proses download dan instalasi akan berjalan otomatis.
bitcalm-add-server

Bila indikator instalasi sudah selesai pada tampilan Shell anda maka kembali ke halaman setting server dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

Sekarang kita akan mengisikan konfigurasi database yang ada dalam server tersebut. Jenis database server yang didukung adalah MySQL, PostgreSQL, dan MongoDB. Anda bisa melewatinya kalau tidak ingin membackup database server.
bitcalm-enter-database-settings

Akhirnya silahkan memilih paket layanan backup server yang ingin digunakan, secara default akan memilih Startup yang memberikan kapasitas gratis sebesar 5GB. Jika sudah klik saja Get Started.
bitcalm-change-pricing-plan
Pada dashboard akun BitCalm akan terlihat daftar server yang sudah dimasukkan dan statistik penggunaannya.
bitcalm-dashboard
Anda bisa mengatur direktori atau file apa saja yang dibackup dengan mengeklik nama server di dasbor. Disini juga anda bisa menentukan pada jam berapa pembuatan backup setiap harinya akan dilakukan, cukup sederhana proses penjadwalannya.
bitcalm-backup-server

Database yang dibackup sendiri bisa dipilih, asalkan anda sudah mensettingnya tadi maka seharusnya akan dikenali isinya. Entah kenapa dalam percobaan saya tidak langsung muncul padahal sudah saya berikan akun tingkat root, kemungkinan karena saya menggunakan MariaDB yang kompatibel dengan MySQL. Tapi proses backup filenya berjalan dengan normal.

Proses restorasi atau pemulihan backup pun tinggal mengikuti wizardnya saja, jadi kita benar – benar dibuat nyaman juga tenang dalam membuat dan memulihkan backup data server kita.

Kesimpulannya, kalau anda membutuhkan solusi backup server yang lengkap mulai dari file sampai database dengan mudah dan? cepat maka BitCalm bisa dipertimbangkan secara serius.

Tulis komentar...