Cara akses SSH dengan KiTTY

Bagaimana sih cara menggunakan software klien SSH seperti PuTTY atau KiTTY untuk mengakses server? Sebenarnya tidak banyak yang harus dipersiapkan selain IP address server, username dan password – tentunya aplikasi klien SSH harus tersedia juga, saya menggunakan KiTTY untuk ini.

Cara menggunakan KiTTY sungguhlah mudah, bahkan kalau anda pengguna PuTTY sebelumnya malah tidak terasa ada perbedaan. Cukup isikan IP address server anda, pilih jenis koneksi yang ingin digunakan (saya menggunakan SSH) dan klik tombol Open atau Start untuk membuka koneksi ke server.

kitty

Ada kemungkinan muncul peringatan keamanan dari KiTTY saat terhubung ke server, ini bisa disebabkan identitas host key tidak cocok dengan yang dikenali oleh KiTTY. Anda bisa mengabaikannya bila anda tahu penyebabnya, bila tidak tanyakan ke penyedia server anda – ini bisa menandakan adanya yang menghack server anda.
kitty-security-alert

Anda akan diminta memasukkan username untuk login, user yang biasa digunakan untuk manajemen server adalah root dan pasti ada di setiap sistem operasi Linux. Kemudian isikan password dari akun root tersebut, jangan bingung kalau kursor pengisian password tidak bergerak saat anda mengetikkan password – ini merupakan desain sengaja dan meningkatkan keamanan dari cara input password Linux supaya karakter anda jumlahnya tidak bisa diketahui, mengurangi resiko ada yang menebak – nebak password anda kalau tahu berapa panjang karakternya.
kitty-server-login

Tunggu sesaat dan… Selamat! Anda telah berhasil masuk ke server Linux anda.

kitty-login-success

Tergantung bagaimana setting server anda, biasanya akan ada sambutan dari server setiap kali kita login.

Sekarang apa yang bisa anda lakukan dengan server anda ini? Macam – macam sebenarnya, tinggal imajinasi anda yang berkreasi. Anda bisa membuat hosting web disini, hosting server game, membuat server VPN, membuat server proxy, seedbox untuk download torrent dan masih banyak lagi.

Tulis komentar...