Cara backup dan restore bookmark Google Chrome

Sudah mulai banyak pengguna komputer yang memakai Google Chrome sebagai browser utamanya, selain memang ringan dan cepat juga integrasinya dengan layanan Google menjadi keunggulannya. Saya yakin selama berselancar di internet anda akan menemukan beberapa situs menarik yang ingin dikunjungi kembali dikemudian hari, kalau pada komputer yang sama kita tinggal membuat bookmarknya.

Tapi jika di komputer atau browser lain masih wajar kalau menghapal satu alamat atau url, lah kalau ada banyak? Bisa bingung sendiri anda dan banyak lupanya, karena itulah kita sebaiknya membuat backup dari bookmark yang anda simpan dalam Chrome selain kita dapat dengan mudah memindahkan datanya ke sesama Chrome di tempat lain atau malah digunakan oleh browser lain.

Bagaimana caranya membuat backup bookmark di Google Chrome? Saya akan mengajarkan cara cepatnya yaitu dengan menekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+O maka akan muncul halaman Bookmark Manager, alternatifnya ketikkan alamat berikut: chrome://bookmarks/.
google-chrome-bookmark-manager

Untuk melakukan proses backup maka klik icon gear di kanan bagian pencarian dan sebelum tombol Sign in (kalau anda sudah login akan ada foto profil Google+ anda). Salah satu opsi menunya nanti adalah Export bookmarks… dan otomatis akan muncul jendela Windows Explorer untuk menentukan dimana lokasi penyimpanan file bookmarknya (dalam format HTML).

Bagaimana cara memulihkan data bookmark yang telah dibuat cadangannya? Pada halaman yang sama (Bookmark Manager) klik Import bookmarks dan kemudian arahkan ke file HTML yang telah anda siapkan. Selesai.

Kalau anda ingin melakukan hal yang sama di Mozilla Firefox maka caranya tidak kalah mudahnya kok. Sedangkan kalau tidak ingin memindahkan bookmark ke setiap perangkat yang anda miliki maka bisa sign-in akun Google anda, dan di Firefox aktifkan Firefox Sync.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...