Cara backup WordPress

Mari kita kembali ke dasar yang juga merupakan hal penting, yaitu mengenai cara backup WordPress. Banyak dari kita sudah menggunakan WordPress untuk membuat blog, website, toko online, company profile dan semacamnya. Sudah tentu kita menghabiskan energi, pikiran dan waktu untuk mengembangkannya, dan akan lebih baik lagi kalau kita membackup datanya sebagai cadangan kalau ada apa – apa atau untuk migrasi ke hosting lain.

Menggunakan metode Export

Bagaimana cara backup konten WordPress? Mudah kok sebenarnya, tapi saya yakin jarang yang mengaksesnya (termasuk saya). Pertama bukalah halaman administrasi WordPress anda (contoh: nama-website.com/wp-admin), login menggunakan akun admin dan kemudian klik menu Tools dan pilih Export.
wordpress-admin-tools-menu
Pada opsi yang disediakan di Choose what to export defaultnya adalah All content atau semua konten yang ada di website WordPress anda, ini berarti post, page, komentar, custom field, tag, kategori, menu dan custom post akan dibuat file ekspornya.
wordpress-choose-export

Pilihan lain yang tersedia adalah jenis – jenis post atau page khusus, kalau anda menggunakan plugin kadang datanya bisa dibackup melalui halaman ini juga. Kalau sudah yakin klik saja Download Export File dan anda bisa mengunduh file backupnya dengan ekstensi .xml.

Loh? Bagaimana dengan gambar, lagu atau video di blog saya kalau cuma satu buah file xml hasil backupnya? Haha… dulu saya sempat bingung juga bagaimana nasib file media yang ada website, tapi kalau dilihat memang fokusnya adalah backup konten berbasis tulisan dan diutamakan untuk migrasi website ke hosting lain. Jadi nanti kalau anda ingin mengembalikan backup atau melakukan perpindahan hosting, dan melalukan proses Import maka akan secara otomatis file – file tadi akan didownload. Tunggu saja sampai selesai prosesnya.

Cara ini merupakan yang termudah menurut saya, tapi kalau anda ingin menggunakan plugin maka UpDraftPlus bisa anda coba. Kalau anda menggunakan shared hosting berbasis cPanel maka anda bisa menggunakan fitur backup file – file website beserta databasenya. Gunakan saja mana yang paling mudah menurut anda.

Tulis komentar...