Cara blokir alamat IP di cPanel

Bagi pemilik website yang sering mengecek log pengunjung maka bisa menemukan adanya usaha orang tidak dikenal atau bot dalam membobol password dari situs. Hal ini selain membahayakan keamanan website karena resiko situs dihack dan dibajak, juga mengurangi performa hosting anda karena setiap permintaan akan dilayani, baik valid atau tidak. Karena itulah lebih baik segera diblokir saja kalau bisa.

Yang diperlukan disini adalah alamat IP pengunjung yang mencurigakan atau dari negara – negara yang tidak seharusnya mengakses website anda seperti Cina, Amerika, Rusia dan sebagainya (ini relatif dari statistik pengunjung anda, harap dipantau dengan seksama). Karena kebanyakan dari website menggunakan shared hosting maka biasanya akan memakai cPanel, dan inilah yang akan kita manfaatkan untuk melakukan pemblokiran.

Pertama silahkan login dulu ke akun cPanel dari web hosting anda, misal anda saat ini belum tahu alamat IP dari pengunjung yang mengancam keamanan website maka bisa mengeceknya pada Latest Visitors di bagian Logs. Bila sudah maka pada bagian Security buka IP Deny Manager.
cpanel-security
Anda bisa segera memasukkan IP address yang ingin diblokir, bisa satu per satu atau dengan jarak nilai. Klik Add untuk menambahkannya.
cpanel-ip-deny-manager
Setelahnya maka sebelum pengunjung membuka situs anda maka server hosting anda akan langsung memblokir akses dari IP – IP tersebut, ini selain mengamankan juga tidak memberatkan situs anda kalau menggunakan CMS seperti WordPress. Saya sendiri lebih menyukai metode ini daripada menggunakan plugin WordPress yang bisa memberatkan database dan performa website setelah beberapa lama dari pengalaman.

Tulis komentar...