Cara blokir pengunjung di CloudFlare

Tidak semua pengunjung website itu adalah asli manusia, ini bisa bot, crawler, spammer, password brute force attack, dan sebagainya. Kadang – kadang si tamu tidak diundang ini membahayakan keamanan situs anda. Dari log akses pengunjung biasanya si penyerang tanpa pandang bulu ini berasal dari alamat IP atau negara tertentu. Jika anda menggunakan CloudFlare sebagai CDN maka selain mempercepat akses website, menghemat konsumsi bandwidth hosting, juga dapat meningkatkan keamanannya – dan fitur yang kita perlukan kali ini adalah pemblokiran akses.\r\n\r\nSilahkan anda akses akun CloudFlare anda dan kemudian buka halaman My Websites, pada daftar yang berisi website yang dimasukkan dalam layanan CDN CloudFlare klik Threat Control pada nama domain yang ingin anda setting.

cloudflare-my-websites-menu

Geser halamannya kebawah dan pada Add Custom Rule isikan alamat IP yang dirasa berbahaya yang mengakses situs anda. Anda bisa mengisikan satu alamat IP atau menggunakan rentang IP address dengan format CIDR.

cloudflare-threat-control-add-ip-address

Alternatifnya kalau dirasa seluruh pengunjung dari negara tertentu bukanlah target pasar anda dan malah beresiko maka anda bisa memblokir akses seluruhnya dengan mengisikan nama negaranya.

cloudflare-threat-control-add-country

Selesai! Sekarang anda tidak akan diganggu lagi oleh kunjungan dari alamat IP atau lokasi tertentu di dunia. Untuk mengembalikan setting blokir CloudFlare ke semula tinggal hapus saja datanya, ada icon tong sampah disetiap entrynya.\r\n\r\nOh ya, selain anda bisa melakukan blacklist disini anda juga bisa melakukan sebaliknya yaitu whitelist (atau istilah CloudFlare adalah TrustList) yang fungsinya akan mempercayai secara penuh setiap akses dari IP atau negara yang anda masukkan.

3 pemikiran pada “Cara blokir pengunjung di CloudFlare”

  1. Saya user blogger. Dan memanfaatkan fitur firewall di cloudflare utk mencegah bot auto visitor.
    Tapi kenapa setiap kali sy mengaktifkan fitur ini domain root tdak bisa mengarah ke blog (ikut di blokir juga)
    Alhasil ads.txt pun bermasalah
    Gimana cara nge-fix nya min

Tulis komentar...