Cara cek HS Code

Advertisements

Apabila anda ingin terjun dalam perdagangan internasional atau sekedar kirim – kirim antar negara maka istikah HS Code akan muncul. Fungsi dari Harmonized System ini sederhana, yakni klasifikasi jenis barang yang diperjualbelikan secara internasional. Praktisnya ini berpengaruh terhadap bea masuk impor ke Indonesia atau kalau anda ekspor ke negara lain nantinya.

Untuk mengecek definisi dan terutama tarif dari HS Code yang anda cari aslinya mudah. Kalau anda menebak tidak jauh – jauh dari bea cukai juga sangatlah tepat sekali, tapi sumbernya di Indonesia tidak hanya satu loh. Walaupun bisa saling overlap datanya tapi sering terjadi ada data yang berbeda, minimal updatenya tidak sama semua. Jadi ada yang lebih lengkap dari pengalaman saya.
insw hs code information
Saya contohkan diatas mencari detail dari HS Code 3801.30.00.00.

Advertisements

Langsung saja untuk lokasi pengecekan HS Code bisa anda lakukan disini:

Saya cuma pakai 2 yang pertama kalau pas butuh informasi HS Code karena cepat dan online. Tapi kalau pas butuh offline maka file CSV bisa sangat membantu. Mungkin ada sumber – sumber lain di Indonesia, akan saya koreksi dan update berkala bila ada yang baru.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

3 pemikiran pada “Cara cek HS Code”

Tinggalkan komentar