Cara cek integritas system file Windows

Masalah pada sistem operasi Windows seperti tidak bisa booting, ada file penting yang corrupt, atau tidak berjalan normal kadang bisa disebabkan adanya system file vital yang dibutuhkan Windows rusak. Pertolongan pertamanya anda bisa melakukan cek file – file system Windows ini dan bisa otomatis diperbaiki ke kondisi semula.

Anda akan membutuhkan command prompt dengan hak administrator untuk melakukan pengecekan integritas system file Windows dan dengan menggunakan perintah System File Checker (sfc). Cara menggunakanya mudah, ketikkan saja perintah sfc /scannow dan tekan ENTER, silahkan tunggu proses verifikasi system file Windows beberapa lama. Parameter scannow untuk meminta proses scan tersebut dilakukan sekarang.

Kalau anda gagal menjalankan sfc /scannow dengan pesan kesalahan ?Windows Resource Protection could not start the repair service.?, maka anda perlu mengaktifkan service bernama TrustedInstaller.

windows-7-sfc-scannow

Bila ada masalah biasanya sfc akan mengatasinya dan setelah itu Windows mungkin akan berfungsi seperti biasa kembali. Kalau tidak muncul adanya masalah integritas file (tergantung masalahnya) anda bisa mencoba solusi lain.

win7-sfc-scannow-completed

Saya sendiri menggunakan system file checker sebagai langkah pertama sebelum mencoba cara yang lebih rumit lagi yang tergantung kerusakan Windows apa langkah selanjutnya. SFC sendiri cocok untuk memastikan bahwa masalah yang sedang dialami bukan dari sistem operasi Windows itu sendiri, jadi tinggal melihat apakah ini masalah driver, software atau hardware selanjutnya.

Tulis komentar...