Cara cek kesehatan nama domain

Nama domain merupakan identitas unik kita di internet, kita bisa membangun website, berkomunikasi dengan email dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan sebuah domain. Misal anda sudah mensetting beberapa layanan online yang menggunakan nama domain maka ada baiknya kalau kita mengecek kesehatan dari konfigurasinya untuk mencegah adanya masalah di masa depan.

Salah satu tool online yang anda bisa pakai adalah Domain Health Report dari MXToolbox yang akan melakukan deteksi setting yang ada pada domain anda dan menguji beberapa konfigurasi DNS, Email, Web Server dan hal – hal sejenis lainnya. Anda hanya perlu memasukkan nama domain atau alamat email dan klik Check.
mx-toolbox-domain-health-report

Proses scan domain berlangsung sangat cepat dari pengalaman saya, dan akan muncul berbagai macam status mengenai setiap bagian dari nama domain anda seperti Blacklist, Mail Server, Web Server, dan DNS.

mx-toolbox-domain-health-report-result

Centang hijau menandakan tidak ada masalah, tanda seru kuning adalah peringatan tapi bisa diabaikan, dan tentunya silang merah menginformasikan adanya error dan harus segera diperbaiki.

Anda bisa melihat detail dari setiap tes pada link Show All Tests dibagian bawah hasil pengecekan.

Bagusnya lagi pada setiap masalah yang berhasil dikenali kita bisa membaca alasan kenapa ini bisa dianggap beresiko dan apa saja solusinya, cukup anda klik More Info yang terletak di samping kanan setiap barisnya. Sungguh DHS Health Check ini sangat membantu saya mendiagnosa calon – calon problem dari domain.

2 pemikiran pada “Cara cek kesehatan nama domain”

Tulis komentar...