Cara cek kurs nilai tukar mata uang asing Western Union

Western Union (WU) merupakan salah satu penyedia jasa layanan pengiriman dan penerimaan uang internasional dan tampaknya sering digunakan sebagai pilihan pengiriman uang bagi pengguna akun Google Adsense. Daripada menunggu kiriman cek dari Google yang bisa berbulan – bulan memang lebih baik menggunakan Western Union untuk mencairkan uang dari Adsense.

Karena Google sendiri membayar kita dengan mata uang dollar Amerika ($) tentu kita sebaiknya tahu berapa nilai tukar dollar terhadap rupiah bukan? Standar pertukaran valuta asing yang digunakan Western Union berbeda dengan kurs pertukaran valas yang digunakan oleh bank – bank di Indonesia, malah bisa dibilang lebih baik.

Western Union sendiri sebenarnya memberikan layanan untuk mengetahui berapa nilai tukar mata uang asing, anda bisa mengaksesnya pada Western Union Currency Calculator. Anda cukup memilih mata uang asal misal disini USD (United States Dollar) yang merupakan simbol mata uang dollar Amerika dan mata uang tujuan disini kita pilih IDR (Indonesia Rupiah) yang adalah simbol mata uang rupiah Indonesia.
western-union-currency-calculator

Kemudian klik tombol Calculate untuk menghitung berapa nilai tukar antara kedua mata uang yang telah dimasukkan sebelumnya. Anda akan langsung melihat berapa nilai 1 dollar Amerika dalam rupiah, yang pada saat artikel ini ditulis ada pada kisaran 11.404 rupiah per dollarnya. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar ini bisa menjadi kabar baik bagi pencari dollar tapi dilema juga karena perekonomian Indonesia ikut melemah.

western-union-currency-calculator-usd-to-idr

Kalau anda ingin menukar mata uang asing pada nilai tukar tertentu, misal anda ingin menukar dollar pada tingkat 11.500 rupiah – anda bisa memanfaatkan fitur pengawasan nilai tukar mata uang asing dari Western Union. Ini berguna kalau anda ingin memaksimalkan nilai tukar dollar anda ke rupiah, untuk menggunakannya klik Set Rate Alert.

western-union-currency-calculator-set-rate-alert

Isikan mata uang yang ingin anda pantau nilai tukarnya, baik mata uang asal dan mata uang tujuan. Kemudian isikan berapa nilai tukar mata uang asing yang diinginkan (disini contohnya 1 USD = 11.500 IDR), sehingga begitu nilai tukar mencapai angka yang telah anda tentukan anda akan mendapatkan email yang menginformasikannya. Klik Set Alert untuk mulai mengawasi nilai pertukaran tersebut.

Sebagai catatan busra pertukaran mata valuta asing (Foreign Exchange) berlangsung selama 24 jam penuh kecuali pada akhir minggu, jadi nilai tukar yang didapatkan akan mengalami fluktuasi baik menguat maupun melemah. Sebaiknya kalau sudah mendekati nilai tukar valas yang anda inginkan langsung saja cairkan daripada kesempatan tersebut hilang.

5 pemikiran pada “Cara cek kurs nilai tukar mata uang asing Western Union”

  1. Hoaaaxx booss infonya,…ketauan ente blom pernh ambil dana dari wu slagi buat testi ini.
    Wu sdh menentukan nilai kurs sendri dari pengirim atw negara asal dan itu sdh di fix dan tdk bisa diganggu gugat. Angka kurs yg conversi itu hanya bisa digunakan utk jual beli mata uang saja, tp tdk buat penerimaan.
    Sehingga ketika menerima dana yah sesuai yg sdh di konversikan awal. ‘Tidak mengikuti kurs pd saat penarikan atw pencairan dana’ !!!

    • Dan kalaupun ente dari WU, brarti ente memberikan berita yg tdk benar mengenai transaksi pengambilan dana di WU.
      Saat ini kurs di WU $ 1 = Rp 13.215
      Saya melakukan penarikan dana sebesar $782.14
      Yg seharusnya $800, tp entah bgaimana trnyata yg dpt diambil hanya $782.14 dan itu pun menggunakan kurs WU dari negara asal sebesar RP.12.785.
      Sedangkan biaya pengiriman sdh di lunasi dari pengirim.
      Please,…don’t make hooaaxxx

    • Bukan mas, yang dikirimkan itu murni dari asalnya. WU ga memotong kiriman, kalau dari 800 mas dapatnya 782 ya dari pengirim memang seperti itu kondisinya. Walaupun saya ga bisa komentar untuk situasi paling baru untuk urusan kurs WU dan sistem kirimnya (terakhir tahun lalu, sudah setahun lewat). Tapi dari 2 tahun pengalaman saya mencairkan dana ya dapatnya sesuai yang dikirim, dan memang biaya adminnya dibayar oleh pengirim.

      Tapi saya tidak menyangkal sekarang informasi yang saya bagikan mungkin kurang akurat atau perlu diupdate lagi.

    • Halo Very, trims koreksinya dan mungkin saja anda benar. Karena saya terakhir berurusan dengan WU adalah tahun lalu. Tapi selama saya mencairkan WU di kantor pos kursnya benar berubah – ubah tergantung (kurang lebih) normalnya saat itu. Tinggal dibandingkan dengan kursnya bank saja dan selisihnya tidak jauh, ini pengamatan saya selama 2 tahun dengan WU mas.

Tulis komentar...