Cara cek nomor resi USPS

USPS (United States Postal Service) adalah perusahaan jasa pos dan ekspedisi di Amerika Serikat, sepadan dengan Pos Indonesia di negara kita. Apabila anda membeli barang dari Amerika biasanya yang paling murah tarifnya adalah pengiriman paket menggunakan jasa USPS dan terkadang malah gratis. Tentu setelah membayar harga barang dan ongkos kirimnya kita anda mendapatkan sebuah nomor resi yang bisa dipakai untuk melacaknya.

Berbeda dengan pengiriman paket domestik yang setidaknya kita bisa komplain langsung ke jasa ekspedisinya, kalau pengiriman paket internasional selain bisa memakan waktu yang cukup lama juga hambatannya di negara transit dan bea cukai cukup sering terjadi. Karena itulah fitur cek dan pelacakan keadaan paket dengan menggunakan kode (nomor resi istilah umumnya di Indonesia) yang diberikan USPS untuk setiap pengiriman merupakan hal yang sangat penting.

Anda bisa mengecek nomor resi yang diberikan pada halaman USPS Tracking, akan ada kotak dengan judul “Tracking (or receipt) number”, isikan dengan nomornya dan klik tombol Find.
usps-tracking
Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman Product & Tracking Information. Disini anda bisa melihat jenis layanan USPS yang dipakai untuk mengirimkan paket, dimana lokasinya sekarang, apa saja yang terjadi pada paket anda, kapan terjadinya, kode juga status dari paket anda.

usps-product-tracking-information
Pada setiap status terbaru akan ada keterangan untuk menjelaskannya, dan ini adalah contoh isinya:

Your item arrived at our USPS facility in JAMAICA, NY 11430 on August 16, 2014 at 1:30 pm. The item is currently in transit to the destination. Information, if available, is updated periodically throughout the day. Please check again later.

Jadi kita tidak perlu bingung memahami arti kode atau status yang dipakai. Dan ternyata paket saya sedang transit (IN-TRANSIT) statusnya dan terakhir per tanggal 16 Agustus berada di JAMAICA, NY 11430. Wah… sudah satu bulan belum ada updatenya. Semoga tidak terjadi apa – apa.

Semestinya setelah sampai di Indonesia kita bisa melacaknya melalui sistem tracking milik Pos Indonesia.


Update 18 maret 2016 2 Februari 2017

Jadi ada beberapa pengunjung yang melaporkan kiriman USPS mereka lama sekali, memang benar kadang bisa terjadi seperti itu. Kenala saya 3 bulan baru sampai di rumah, sampai sudah pasrah hilang barangnya. Dari laporan salah satu pengunjung disini malah ada yang bisa 7 bulan.

Dari penelusuran saya ini disebabkan jenis kiriman yang digunakan adalah yang paling murah dan nomor resinya diawali huruf L. Ini kalau sudah keluar dari Amerika Serikat tidak bisa dilacak lagi.

Tapi masih ada harapan bahwa paketnya telah ada di Indonesia dalam waktu 1 bulan, cuma belum diproses saja. Kali ini terimakasih atas sharenya mbak Rea untuk kasus yang sama dan ada solusi yang bisa dicoba:

hai mas Chandra, saya pernah tanya soal perbedaan untuk kode pengiriman LC, LK dan LJ..
Saya mau berbagi info aja ini untuk semua pengiriman kode tersebut..

Tanggal 10 Desember paket saya dikirimkan dari Montgomery US dengan kode LC
Dan Status terakhir saya pertanggal 13 Desember adalah Transit di Miami..
dan sampai setelah itu tidak dapat status terbaru.

Memang agak susah untuk bisa track ketiga kode tersebut, yang bisa saya sarankan untuk kasus seperti ini adalah min 3 minggu dr barang dikirim coba kalian bisa datangi kantor pos indonesia pusat jika di jakarta kalian bisa ke lapangan banteng dengan membawa foto copy KTP penerima kiriman/Paket. Kalian bisa tanya di loket serah kiriman dengan menujukan identitas tersebut, apakah untuk kiriman paket dengan nama penerima tersebut sudah datang. Karena Kode tersebut bukanlah kode pengiriman yang valid untuk di Indo hanya valid di negara asal. dan di Indo kode tersebut dinamakan CN22 ( Custom Declaration ) jdi bukan kode pengiriman.

Karena saya coba melakukan cara tersebut, dan ternyata cukup membantu, bahwa barang saya sudah sampai per tanggal 31 desember.. Saya tinggal membayar kewajiban biaya impor saya, karena nilai barang saya dia atas $50. Setelah itu barang sudah bisa saya bawa pulang. Sebelumnya saya cek kembali untuk kondisi barang saya.

Alhamdulillah dengan begitu paket bsa saya terima tidak sampai 1 bulan. Karena memang sebenarnya, walaupun kita tidak bisa track paket tersebut ternyata paket kita sdh sampai di Indo dalam waktu 2 minggu.. Kalau bisa saya sikapi kenapa bisa lama, mnrt saya kinerja di Pos Indonesianya yang kurang bagus dan kurang kompeten..

Semoga Trick saya bisa berguna buat kalian semua ya..

Thank You

Dari sini: http://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-1#comment-24437

Tambahan share pengalaman dari mas Aris. Terimakasih mas buat tambahan informasinya.

Dear mas chandra,
Mau sedikit sharing pngalaman kemarin setelah mengikuti saran dan pengalaman mba rea jg.. dan mungkin buat temen2 yg lain (domisili jakarta terutama) untuk yg pake usps first class memang tdk bisa di tracking stlah kluar usa. Jd stelah paling gak sbulan blm terima, mnding kita langsung datengin kantor pos pusat (lapangan banteng) dtg aja ke gedung F (pos international) nnti disitu ada loket pengambilan barang. Minta tlg aja sm mbak/mas disitu untuk liatin posisi barangnya, kasi aja nmr resi-nya, dia jg sdh paham mana yg bisa di tracking dan yg gak bisa. Jd krn tdk bisa ditracking online, kndalanya adl kita harus cari datanya manual di tumpukan kertas manifest yg ada dimeja. Biar lbh cpt kita bantu cari sendiri saja, krn pasiennya jg bkn cm kita. Stelah ketemu nnti tinggal dicatat nmr bungkusan-nya. Krn bgitu smpe indonesia kan dibungkus ulang. Dr nmr bungkusan ini kita naik ke lt.3 di bea cukai, untuk minta invoice pajaknya. Stlh dpt prhitungannya, turun lagi ke gedung F untuk bayar pajaknya, loketnya di sebelah pengambilan barang. Stlah slesai bayar, buktinya tinggal kita kasi ke loket pengambilan barang, terima, selesai dan pulang. Saran saya mnding dateng pagi, krn operasional loket pembayaran dan pengambilan barang buka dr jam 08.00 ? 14.00 saja.
Semoga membantu.

Dari sini: https://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-3#comment-68940

561 pemikiran pada “Cara cek nomor resi USPS”

  1. selamat siang mas, bisa bantu tracking untuk paket barang dari Amerika no resi nya 840 5030 0179 004 00033 75635 01
    Pengirim Reynold Bororing
    35 Sylvan DR Dover, NH 03820
    Penerima Verawati Sianturi d/a Jl Pangkalan Jati raya no 6a. Cinere Depok.
    Terima kasih.

    Balas
  2. Mas mau tanya..UJ056153645US Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on August 8, 2019 at 3:42 pm. The item is currently in transit to the destination.
    Sampai detik ini tak ada update.. apakah barangnya lost? Klo mau tracking kmn ya

    Balas
  3. Boleh tanya UJ056153645US statusnya Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on August 8, 2019 at 3:42 pm. The item is currently in transit to the destination. Sampai saat ini barang tak datang. Klo mau tracking kmn ya..

    Balas
  4. saya mau beranya mbk apakah barang yng sudah sampai sini harus bayar bea cukai harganya $105.80 Tracking Number:
    U×××××××××××US
    Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on September 3, 2019 at 3:37 pm. The item is currently in transit to the destination.

    Balas
  5. wah artikel nya menarik banget
    mas sekalian nanya kalo resi dengan nama IPAB itu gimana ya
    di kantor pos pun ga ke tracking
    penyelesaiannya mesti spt yg akhir artikel bukan (datang ke gedung pos pusat jalan banteng)

    thx mas ditunggu banget responnya

    Balas
  6. Hi Mas Chandra Utama,

    Sy jg mengalami masalah yg sama, tapi memang baru lewat seminggu dr tgl pengiriman di 25 Sept 2019… tetapi waktu sy trace melalui website USPS, status nya msh in-transit dan tdk ada update sama sekali sejak tgl 27 Sept… berikut no resi nya

    UA432732232US

    Tolong pencerahan nya…

    Terima kasih
    Rendy

    Balas
  7. Izin share, untuk yang di malang bisa tanya petugas di kantor pos jalan merdeka selatan apakah barangnya sudah datang atau belum ke kantor pos asalkan punya nomor resi uspsnya. Bisa lewat telepon atau datang langsung.

    Balas
  8. Halo mas Candra,
    Boleh tolong bantu check kan paket saya kira2 sdh sampai di Indonesia belum ya. Dikirim dari tgl 10 marxh from US. Terakhir update di tgl 12 setelahnya sdh tdk terlacak lgi shipment nya sdh sampai mana. Apa saya sdh bisa check ke pos Indonesia (balikpapan). Ini no resinya UA436626248US. Mohon bantuanya ya mas. Terimakasih

    Balas
    • Kurang lebih hampir sama kasusnya dngan saya,. Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on February 20, 2020 at 3:53 pm. The item is currently in transit to the destination.
      Update terakhir tgl 20 February smpai sekarang lom ada update lagi, udh ke kantor pos jg di tanyakan gak ada barang yang datang atas nama saya, jadi pasrah nunggu datang sndri aza lg.

  9. Share pengalaman aja sih ini, kalau mau cek tracking no resi bisa ke https://parcelsapp.com/id/tracking/(kode resi) ex: https://parcelsapp.com/id/tracking/UM22xxxx457US

    Di web itu lebih uptodate progress paket kita ketimbang cek resi di website usps resminya, gak tau kenapa.

    Kemudian, singkat cerita saya order 1 buah poster dari US tanggal 28 Agustus, masuk ke Pos setempat tanggal 2 September, lalu tiba di Jakarta pada tanggal 23 september kemarin. Kemudian saya tanya di alamat email Pos Indonesia menanyakan berapa lama waktu yg dibutuhkan sampai saya bisa mengurus soal pajak beacukai dan menjelaskan kode resi saya tidak terbaca di halaman resmi beacukai.

    dan balasannya seperti ini,
    “Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak sampaikan kepada kami.

    Mohon maaf untuk kiriman kode U yang Bapak gunakan merupakan kiriman Small Packet/Bungkusan/Non-tracking. Kiriman tersebut prosesnya berbeda dengan kiriman bertracking pada umumnya yang berkode R (Register), E (EMS), C (Pos Cepat/ Biasa), atau L (e-Packet). Kiriman U tidak dapat dilacak di web EMS kami. Cara pengiriman tidak dicatat per item hanya diikat/dibendel per jumlah tertentu dimasukan ke dalam kantung, ditimbang dan dikirim ke Negara Tujuan. Kami menyarankan Bapak konfirmasi ke pengirim untuk menanyakan status kiriman di Pos Negara Kirim atau Bapak dapat menanyakan ke Kantorpos Pusat di wilayah Bapak tinggal untuk pencarian manual.”

    Setelah itu saya ke kantor Pos Indonesia pusat di daerah saya untuk mengkonfirmasi soal itu (25 september), dan jawabn dari petugas sana mengatakan hal yg serupa dan mengatakan waktu pengiriman barang dari jakarta ke kota saya (Jogja) membutuhkan 3 hari, namun karena antrian paket bisa mundur menjadi 2 bulan maksimal.

    Petugas itu menyarankan saya untuk menunggu balasan surat yg akan diantarkan ke alamat rumah saya untuk bisa memulai mengurusi pajak beacukai dimana saya bisa kembali ke kantor Pos. Katanya 2-3 minggu.

    Balas
  10. Mas mau nanya,
    Untuk status orderan saya seperti ini, berarti sudah sampai di indo kan? Cara untuk cek posisi barang sudah sampai di mana kalau di indo gimana caranya yah? Saya domisili di surabaya.
    Thanks sebelumnya.

    October 24, 2020, 9:27 am
    Processed Through Facility
    INDONESIA
    Your item was processed through a facility in INDONESIA on October 24, 2020 at 9:27 am. The item is currently in transit to the destination.

    Balas
  11. Saya sedang menunggu paket dari usa sudah hampir satu bulan saya juga sudah membayar untuk untum pajak. Tapi sampai sekarang belum sampai. Domisili saya Yogyakarta. Mohon solusinya

    Balas

Tinggalkan komentar