Cara cek ongkos kirim dari Filipina

Kemarin dapat pertanyaan soal bagaimana cara cek ongkos kirim dari Filipina ke Indonesia. Walaupun tidak bisa dibilang hal sulit, kadang sumbernya sendiri yang agak repot. Apalagi masih belum secara penuh mengadopsi teknologi jadinya tidak ada cara cepatnya.

Karena ini kiriman internasional dan biasanya pakai Pos biasa atau EMS (Express Mail Service) maka untuk keakuratan datanya kita harus cek tarifnya pada PHLPost (Philippines Postal Corporation). Dan daripada anda repot mencari – cari dimana letaknya daftar biaya pengiriman dari Filipina ke berbagai penjuru dunia saya berikan linknya langsung: https://www.phlpost.gov.ph/advisory.php?id=64

Atau anda bisa melihat isi tabel diatas. Intinya kolom paling kiri adalah berapa beratnya, dan kolom kedua seterusnya adalah tarifnya (mata uang PHP: Peso Filipina) per zona dan nanti dikalikan dengan berapa beratnya. Kita di Asia jadi ikut kolom kedua.

Misal beratnya cuma 2kg maka kena 2×115 PHP. Totalnya 230 PHP dan kalau dikurskan ke IDR (Rupiah) sekitar Rp. 61684. Ingat ini estimasi lho ya, bukan berarti pasti kena sebesar ini. Dan sayangnya tidak dijelaskan secara spesifik ini ada jenis kiriman internasional apa saja. Pos Internasional dan EMS sendiri layanannya ada beberapa macam. Kalau dibaca memang cuma disediakan Internation Registered Mail Service yang mestinya setara dengan kiriman pos internasional tercatat, atau kesimpulannya yang standar/biasa.

Tulis komentar...