Cara cek resi Asendia

Salah satu jasa ekspedisi internasional yang kadang dipakai adalah Asendia yang merupakan kerjasama dari La Poste Perancis dan Swiss Post Switzerland. Kalau anda sedang menanti kiriman paket dari luar negeri yang memakai pengiriman ini tentu ingin tahu posisi dan statusnya kan? Ya, ternyata tidak sulit kok cuma perlu tahu saja sebaiknya menggunakan situs yang mana.

Ya, ini karena Asendia menyediakan beberapa situs pelacakan tergantung letak geografisnya dimulai dari Asendia.com untuk internasionalnya, Asendia EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika), AsendiaUSA.com untuk Amerika, AsendiaHK.net untuk Asia. Disini saya mencontohkan pengiriman dari Singapura ke Indonesia.

asendia-asia-track-trace

Langsung saja isikan nomor resinya dan klik Track, kalau memang ada kiriman dengan nomor resi tersebut maka akan muncul tabelnya yang berisi informasi mengenai status terbarunya.

asendia-asia-track-singapore-indonesia

Contohnya:

ASL20150825DE83ID
Date TimeStatus
2015-08-25 08:36:22Order received and processed at SIN ASENDIA hub.
2015-08-25 17:38:31Order dispatched from SIN ASENDIA hub.
2015-09-05 11:20:22Order arrived at destination country

Sisanya anda tinggal menunggu sampai di rumah dan bisa dipantau dari sini. Oh ya kalau anda kesulitan melacak paketnya saat sudah sampai di Indonesia harap ditanyakan ke Kantor Tukar Udara Soekarno-Hatta.

36 pemikiran pada “Cara cek resi Asendia”

    • Halo Herry, setidaknya pas saya coba waktu itu benar disana mas. Repotnya seingat saya itu kurang jelas situs resminya. Jadi sulit juga cari informasinya.

      Kalau di Indonesia nanti diantarkan oleh kantor pos mas. Dan tidak bisa dilacak pas di Indonesia. 🙁

  1. biasanya butuh berapa lama ya kalo status sudah arrived at destination country buat sampe ke alamat tujuan…
    paket aku kok lama amat dah 1 bulan status arrived.. tp nggak sampe-sampe

    Balas
  2. Mas nanya klau status order arrived at destination country tgl 13/6/2016 jam 15.05:22 ASL20160601DE153ID kog sampai tgl 30/6/2016 blm sampai ketangan saya ya

    Balas
    • Halo Lusi, itu tiba di Indonesia maksudnya ada di bandara mbak. Masih harus lewat proses bongkar muat, sortir, pemeriksaan bea cukai, kemudian diteruskan ke kantor pos Jakarta, sortir lagi, baru diteruskan ke kantor pos terdekat dengan penerima, dan dijadwalkan antar ke penerima atau mendapatkan surat panggilan ke kantor pos.

    • Malam,Saya pernah tanya ke kantor pos pusat 161 untuk menanyakan paket dengan memberi no.tracknya tp pihak kantor pos tidak bs melacak kode itu…jadi saya harus bsgaimana..makasih

    • Secara teknis sih setahu saya itu sebenarnya kiriman untracked dan nomor resi Asendia ini tidak berlaku di kantor pos. Jadi cuma bisa berharap yang terbaik saja mbak sampainya. 🙁 Coba tanya ke bea cukai Pasar Baru mbak, biasanya barang untracked bisa dibantu disana.

  3. Selamat pagi… mas mau tanya, paketan saya status order arrived at destination country tgl 6/6/2016 11:35:23 dengan nomer track ASL20160523DE73ID tapi sampai sekarang saya belum terima barangnya, status tidak pernah update lg, saya bingung harus cek kmn utk kepastiannya? Saya takut barangnya nyasar salah alamat.

    Terima kasih.

    Balas
    • Halo Niken, memang untuk kiriman lewat Asendia tidak ada caranya melacak di Indonesia. Yang pasti pengantaran akan dilakukan oleh kantor pos. Coba tanyakan ke 021 161 atau ke kantor pos pusat di kota anda.

    • Setelah satu bulan menunggu barang saya, ternyata dua hari lalu saya terima surat dari bea cukai bandara juanda. Disitu disebutkan, paket saya disegel karena “belum/tidak memenuhi persyaratan impor yang diwajibkan.” Kalo saya mengurusnya di bea cukai juanda, apakah barang bisa saya terima? Mohon bantuan penjelasan.

    • Halo Rudolf, isi paketnya apa mas? Kalau termasuk yang dilarang atau perlu ijin khusus hampir pasti disita bea cukai.

  4. Barang sy udah hampir sebln blm sm jg mulai 22 juni dikirim smp skrg g ada kabarx gimn cara trackingx ya … Sy ada dikota samarinda kalimantan timur

    Balas
    • Halo Eka, dari pengalaman harus tanya ke kantor pos mbak. Masalahnya Asendia ini kiriman untracked juga jadi pas tanya ke kantor pos harus ke bagian kiriman tidak tercatat. Pengalaman dari mbak Theresia dibawah bisa menjelaskan alurnya.

  5. Barang saya dikirim via ASENDIA SIN, sudah sampai di Jakarta 6 Juni 2016, tetapi tidak ada kabar berita, tidak bisa tracking.

    Vendor menginformasikan bahwa saya harus tanya ke kantor Pos terdekat dengan lokasi pengiriman.

    Langkah saya :
    1. Telp ke Pos Indonesia : 021-161
    Tapi Pos Indonesia tidak bisa melacak resi Asendia, dan disarankan datang langsung ke Kantor Pos Pusat, di Jl. Lapangan Banteng, Jakarta.

    2. Saya datang ke Kantor Pos Pusat, bagian EMS (Express Mail Services). Disarankan oleh petugas mengecek langsung ke Pos International yang letaknya di gedung lain tidak jauh dari gedung utama.

    3. sampai di Pos International, ke Customer Service, di situ ada berkas tumpukan list pengiriman yang tidak dapat dilacak, kita dipersilahkan cari sendiri nama / pengiriman kita. setelah ketemu, kita berikan kode pengiriman yang ada dalam list tersebut dan memberikannya kepada petugas customer service.

    4. Petugas customer servicenya ramah-ramah, hanya karena paket banyak sekali, memakan waktu untuk pencariannya.

    5. Apabila paket masih ada di gudang Pos International, Customer service langsung akan memberikan ke penerima, dengan membayar bea lalang Rp 5.000,-.

    6. Apabila paket sudah diserahkan ke bagian pengiriman, kita diarahkan untuk datang ke bagian pengiriman (lain gedung, tapi masih dalam komplek). Di bagian ini kita serahkan nomor pengiriman, petugas akan mencarikan. Apabila barang tersebut ada cukainya, kita diminta untuk membayar sesuai ketentuan, ditambah biaya lalang Rp 5.000,- (resmi).

    7. Apabila produk kosmetik, kita harus menghadap bea cukai (lt.3 gedung utama), dan produk harus diretur ke negara asal, tidak bisa diterima di Ind. Customer bisa claim uang kembali ke vendor dengan mengirimkan bukti retur dari bea cukai.

    Kesan saya para petugas PT Pos Indonesia ramah-ramah dan sangat membantu, ditengah kesibukan mereka yang padat.

    Untuk Sdr. Eka, mungkin bisa telp ke Pos International u.p. Bp. Agus, HP : 0819-3230-2300, untuk minta bantuan melacak barang ada dimana.
    Telp kantor sulit dihubungi karena mereka sibuk sekali.

    Semoga informasi ini membantu. Terima kasih.

    Balas
  6. Saya cek barang saya sdh dri tgl 27 nov sampe di indonesia.
    Sampai saat ini paket barang saya juga blm sampai ke saya.
    Saya pakai alamat kantor saya.
    Knp bisa begitu yaa?
    Bisa minta penjelasan nya..
    Karena lumayan harga barang nya..

    Balas
    • Karena aslinya ini ekspedisi abal – abal mas. Bukan berarti anda kena tipu, tapi ekspedisi ini dipakai supaya pembeli tidak tanya – tanya lagi apakah barang dikirimkan. Aslinya mereka ya tetap pakai China/HK Post dan tipenya untracked jadi tidak bisa dilacak.

  7. Kira2 paket saya kpn yaa, bisa ditangan, dari tgl 5/52017— skrg 6-7-2017 blm sampai ASL 20170505DE441D mhn penjelasanya. Yaa, terimakasih.

    Balas
    • Dari pengalaman, bisa lama sekali mas. Hitungan minggu itu sudah cepat.

      Kalau mau coba kontak kantor pos pusat disana.

  8. Beli ebay US lewat asendia 10/8/2017 sampe skrg blm trkirim..kira2 brp lama ya sampai smrg?asendia jyga reviewnya jelek2 jd takut
    Beli di china via DHL cm 2 minggu sampai

    Balas
    • Karena Asendia itu murah atau kadang digratiskan oleh seller mbak. Setahu saya aslinya juga dikirimkan oleh China Post tapi tipe untracked alias tidak bisa dilacak.

  9. kalau sepengalaman saya Pakai USPS lebih mengerikan , karena barang saya blm tau sampe dimana kediaman nya barang bentuk kosmetik . lain lagi saat pembelian pertama datang 3 bulanan pembelian ke dua blm datang sampai sekarang alias udah 3 bulan , tapi pembelian ke 3 dalam kurun waktu beda seminggu aja dng pengiriman ke2 tapi sudah dtang lebih awal yaotu 2 minggu dah sampe …. trs saya beli ke 4 di kirim lewat asendia us, nah kalo asendia ini bisa ditracking dan dia bisa dikategorikan dalam 5 hari selalu ada update sampe di akhir tanggal dia update 09/01/2018………
    nah saya meragukan lg kedatangannya , akan kah sampai berbulan2 ,galau usps blm datang semestinya sudah jadwal datang ini .
    saya baru dikirim lewat asendia semoga lebh rekomend dibanding usps . tp mungkin tergantung bea cukai jg .

    Balas
  10. hallo bos ,
    000000000172863 ini no asendia saya , nah kira kira posisi handover domestic sorting itu dia di bea cukai atau sudah di kantor pos ya ?karna posisi nya dia sudah di jkt indonesia kata nya .
    nah kira kira estimasi yang saya terima kapan ya dikirim nya

    Balas
  11. UJ065530835US Bos ini resi saya,udh satu minggu status nya di Kemayoran jakarta terus,knpa tidak sampai juga ya ke kantor,padahal masih daerah jakarta pusat kantor saya..nunggu apa lagi nihh ?
    Sangat kecewa sama expedisi ini

    Balas

Tulis komentar...