Cara cek tarif ongkos kirim Caraka Cargo

Caraka Cargo adalah nama yang baru saja saya kenal melalui salah satu toko di Rakuten, karena si penjual lebih memilih jasa ekspedisi ini maka saya menjadi ingin tahu berapa tarif ongkos kirimnya dan apakah ada informasi berapa lama proses pengirimannya hingga sampai di kota saya.

Untungnya Caraka Cargo sudahlah melek teknologi dan memiliki website resmi yang memiliki fungsi untuk mengecek tarif harga pengiriman, jadi bukan hanya company profile saja. Kalau anda mengakses situsnya maka pada menu Tarif Pengiriman anda bisa melakukan pengecekan tarif untuk kiriman darat, udara, laut dan city courier (dalam kota jabodetabek).

caraka-cargo

Silahkan pilih yang manapun, metode selanjutnya mirip. Saya agak menyayangkan sebenarnya karena untuk Domestic Courier (pengiriman antar kota) tidak ada atau dijelaskan menggunakan yang mana, karena harga diantara jenis pengiriman yang ada saya perhatikan cukup jauh dan berat minimalnya juga bisa dikatakan tinggi. Dari pengamatan, saya menebak yang digunakan adalah kargo udara karena yang paling murah dan rendah berat minimalnya untuk pengiriman paket keluar kota.

Langsung saja pilih kota asal (sementara cuma ada kota Jakarta) dan tentukan kota tujuan, juga berat barangnya. Selanjutnya klik Cek Biaya Kirim. Maka tepat dibawahnya akan muncul pengiriman barang melalui udara dengan berat minimal 10Kg (ya, pengiriman udara beratnya minimal 10Kg, darat 100Kg, dan laut sebesar 100kg) dan estimasi biayanya. Disini saya mencoba mencari tahu pengiriman Caraka dari Jakarta ke Surabaya karena Malang tidak ada pada kargo udara.
caraka-cargo-cek-tarif-kargo-udara-jakarta-surabaya

Saya perhatikan juga ada informasi bahwa tarif yang ditampilkan terakhir diupdate pada 1 Februari 2010, besar kemungkinan harganya sudah tidak akurat sekarang.
caraka-cargo-tarif-pengiriman-via-udara

Secara pribadi jadi bingung juga membaca daftar harganya, sudah kota saya tidak ada didalamnya juga harganya sendiri tidak diupdate. Agak kesulitan saya jadinya memverifikasi berapa besar ongkirnya kalau si penjual menggunakan Caraka Cargo, bukannya takut ditipu oleh online shop tersebut, cuma memastikan saja tidak ada kesalahpahaman. Walau sudah ada fitur pelacakan paket menggunakan nomor resi tapi belum saya coba karena masih mempertimbangkan menggunakan jasa mereka.

Semoga website mereka segera diupdate, karena bisa menyesatkan kalau dibiarkan saja.

Tulis komentar...