Cara cek tarif ongkos kirim TIKI

Dulu sebelum JNE populer saya lebih mengenal adanya TIKI (Citra Van Titipan Kilat) dalam urusan pengiriman paket dan dokumen yang digunakan oleh masyarakat umum. Sekarang bisa dikatakan TIKI masih menjadi salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang masih cukup punya nama di Indonesia. Kalau anda ingin membeli barang atau mengirimkan paket tentu harus tahu berapa tarif ongkos kirim (ongkir) TIKI dari kota asal ke kota tujuan, semuanya bisa dicek secara online di website TIKI.

Bagaimana cara cek ongkos kirim paket di TIKI? Silahkan anda mengunjungi situs TIKI terlebih dahulu.
tiki

Kemudian pada menu pilihlah Tariff, yang kita ingin tahu adalah berapa biaya pengiriman dalam negeri maka pilihlah Domestic.
tiki-menu-tariff

Isikan kota asal pada Origin (From) dan kota tujuan pada Destination (To), jangan lupa berat dari barang yang ingin anda kirimkan dalam Weight (Berat) #Kg. Kemudian klik Check. Dalam contoh saya pergunakan berapa ongkos kirim dari kota Malang ke kota Jakarta untuk paket dengan berat 1 kilogram.
tiki-domestic-tariff-check

Akan muncul tabel yang berisi informasi berapa harga yang ditentukan untuk masing – masing jenis layanan pengiriman paket yang berlaku untuk barang yang akan dikirimkan. Semakin cepat sampai semakin mahal tarifnya.
tiki-domestic-shipping-price

Berikut adalah beberapa jenis service dari TIKI yang mungkin berlaku untuk paket anda:

  • SDS (Same Day Services) – Paket akan dikirimkan dan seharusnya diterima pada hari yang sama. Tapi ini tergantung jam kerja TIKI dan lokasi tujuannya.
  • ONS (Over Night Services) – Paket akan dikirimkan dan bisa diterima dalam 1 hari di alamat tujuan.
  • TDS (Two Days Services) – Paket dikirimkan dan dalam waktu 2 hari sudah diterima.
  • HDS (Holiday Delivery Services) – Paket akan tetap dikirimkan pada waktu hari libur. Sayangnya tidak ada informasi berapa lama baru sampai.
  • REG (Regular) – Proses pengiriman paket akan diterima di kota tujuan dalam waktu 7 hari.
  • ECO (Economy) – Layanan termurah TIKI, lama pengirimannya tidak usah diharapkan.
  • INT (International) – Layanan pengiriman paket antar negara (internasional).

Silahkan pilih seberapa cepat paket itu seharusnya sampai yang sesuai dengan biaya anda.

Sebenarnya ada cara lebih cepat lagi untuk cek tarif ongkos kirim domestik TIKI, yaitu dengan menggunakan widget yang terletak di sebelah kiri website TIKI. prosedur pengisiannya sama persis dengan yang diatas.
tiki-cek-tarif-domestik-widget

Hasil pengecekannya juga akan membuka halaman yang sama (Tarif Domestik TIKI).

Setelah anda mengirimkan atau sedang menunggu paket TIKI sampai ke tujuan tentunya anda memiliki nomor resi, Airway Bill (AWB), No Connote atau apapun sebutannya, yang penting bisa dibuat melacak lokasi paket tersebut. Nah.. di situs TIKI anda juga bisa dengan mudah melakukan tracking paket atau dokumen, jadi anda tidak buta kemana saja paket tersebut.

Tulis komentar...