Cara cepat cek kurs mata uang asing dengan Google

Naik turunnya kurs Dollar terhadap Rupiah akan berpengaruh terhadap harga pada barang – barang yang akan diperjualbelikan, apalagi kalau anda bertransaksi menggunakan Dollar Amerika maka akan lebih terasa lagi kalau nilai tukar Rupiah melemah. Karena itu kita harus sering – sering memantau berapa kurs mata uang asing yang anda pergunakan. Maka dari itu kita bisa menggunakan salah satu kemampuan Google untuk memberikan informasi berapa nilai tukar mata uang terbaru tanpa perlu repot.

Cara menggunakan pencarian Google untuk menampilkan berapa nilai tukar antar 2 mata uang cukuplah mudah, saya contohkan berapa kurs dari 1 dollar Amerika (USD) menjadi rupiah (IDR) saat ini. Pertama tentu buka halaman Google terlebih dahulu, kemudian ketikkan “usd to idr” dan tekan Enter. Tentu saja anda bisa menggunakan mata uang negara lain kalau anda tahu kode mata uang negara yang digunakan.

google-search-query-usd-to-idr

Maka halaman hasil pencarian Google akan terbuka, dan muncul sebuah grafik dari harga kedua mata uang tadi beserta berapa nilai tukarnya sekarang. Anda bisa menggunakan kalkulator kurs mata uang yang juga disisipkan di hasil pencarian Google.
google-search-results-usd-to-idr

Sebenarnya kita tidak harus menggunakan situs tertentu untuk mengetahui kurs mata uang asing seperti KlikBCA (kecuali anda ingin mengetahui berapa harga yang dipatok oleh BCA), walaupun hasil di Google sendiri pasti ada sedikit perbedaan karena menggunakan sumber – sumber Forex (Foreign Exchange) tertentu tapi tidaklah jauh. Jadi harap dijadikan patokan saja karena harga tukar valas (valuta asing) akan selalu berubah setiap saat.

Saya sendiri sering menggunakan cara ini karena jauh lebih cepat mendapatkan hasilnya daripada mengunjungi website tertentu untuk mendapatkan berapa kurs mata uang asing terhadap rupiah yang terbaru.

Tulis komentar...