Cara cepat mengetahui ramalan cuaca

Google adalah mesin pencari pintar, selain anda dapat menemukan berbagai macam informasi anda juga dapat menggunakan beberapa kata kunci tertentu untuk mendapatkan data yang sudah diolah sesuai dengan apa yang ingin anda cari. Salah satunya adalah ramalan cuaca hari ini dan beberapa hari kedepan. Jadi anda tidak perlu menggunakan layanan atau aplikasi tertentu seperti AccuWeather, cukup dengan Google maka anda bisa mendapatkan informasi yang sama.

Bagaimana cara mendapatkan prakiraan cuaca langsung di hasil pencarian Google? Sangat mudah ternyata, cukup cari dengan kata kunci “weather”.
google-search-weather-malang

Dalam hasil penelusuran akan muncul sebuah kotak yang berisi nama kota anda sekarang yang secara otomatis dikenali (saya di Malang), ramalah cuaca hari ini, suhu maksimal dan minimal, dan kemudian dilengkapi ramalah cuaca beberapa hari kemudian (1 minggu). Sumber data ramalan cuaca yang ditampilkan Google adalah The Weather Channel, Weather Underground dan AccuWeather, jadi bisa dibilang cukup akurat.

Bagaimana kalau ingin mengetahui ramalan cuaca di kota tertentu? Ini juga mudah kok, gunakan kata kunci weather disusul nama kotanya. Contohnya “weather surabaya”.
google-search-weather-surabaya

Dari pengamatan saya untuk kota tertentu malah informasinya jauh lebih lengkap, contohnya Surabaya ini. Anda akan mendapatkan informasi selain temperatur pada jam sekarang (dalam Celsius atau Fahrenheit), juga ada grafik perkiraan suhu per jam, kelembapan udara, dan arah angin beserta kecepatannya (dalam kilometer per jam atau mil per jam).

Kekurangannya cuma satu menurut saya, yaitu bahasa yang didukung sementara adalah Inggris. Jadi belum bisa menggunakan kata “cuaca” untuk melakukan hal yang sama dan hasilnya juga tidak dalam bahasa Indonesia. Semoga kedepannya ditambahkan bahasa Indonesia.

Tulis komentar...