Cara cepat menghapus file secara massal di Windows

Kalau anda pernah mencoba menghapus folder yang berisi jumlah file sangat banyak, seperti ribuan dan ukurannya hingga puluhan GB totalnya maka akan tahu betapa sangat lama prosesnya. Hitungannya malah bisa sampai jam. Memang ditinggal beraktivitas bisa saja, tapi kalau anda butuh cepat maka harus cari solusi alternatif.

Singkatnya jangan pakai Recycle Bin karena masih perlu dikosongkan. Dan pakai Shift+Delete pada Explorer untuk menghapus seluruh file terpilih juga cuma beda sedikit.

Kedua cara diatas adalah yang paling tidak optimal kalau inginnya cepat membersihkan. Dari pengalaman solusi teroptimal yang saya temukan dan pakai sampai saat ini adalah dengan menggunakan perintah command prompt.

Tinggal anda eksekusi saja perintah rmdir /s/q nama_folder dan tunggu prosesnya sampai selesai. Tetap memakan waktu, tapi masih lebih cepat daripada lewat Recycle Bin dan Windows Explorer. Dulu pernah saya bandingkan dan untuk folder berisi lebih dari 7000 file dan besar keseluruhannya 40GB yang biasanya memakan 1 jam 20 menit lewat, setelah pakai cmd turun menjadi 30-40 menitan.

Tulis komentar...