Cara melakukan copy-paste di command prompt Windows

Cukup sering kita menemukan tips, trik atau cara memperbaiki Windows yang menggunakan command prompt. Kalau perintahnya pendek – pendek sih masih tidak masalah diketik sendiri, tapi kalau sudah panjang bahkan beberapa baris bisa keriting jari kalau manual terus. Nah… kali ini saya akan memberitahu caranya untuk melakukan copy-paste di command prompt Windows, mudah kok.

Cara copy teks di command prompt

Kita awali dengan bagaimana cara mengcopy tulisan di command prompt? Tentu saja persiapkan dulu command promptnya, kemudian klik kanan. Jika anda hanya memerlukan potongan teks saja dari yang tampil di command prompt maka pilih Mark.

cmd-context-menu

Setelah itu klik pada awal tulisan, tahan dan tarik sampai menyelimuti semua bagian teks yang anda inginkan.
cmd-mark-text

Alternatifnya kalau anda ingin menyalin semua teks di dalam command prompt maka pilih Select All.

cmd-select-all-text

Selanjutnya adalah tekan tombol ENTER dan teks yang anda pilih akan tersimpan di clipboard Windows, kemudian anda tinggal meng-pastekan isinya ke program lain.

Cara paste teks di command prompt

Paste tulisan kedalam command prompt malah lebih mudah lagi, anda tinggal mengcopy teksnya (ini biasanya adalah perintah command prompt dari tutorial), kemudian klik kanan dan pilih Paste. Selesai.

cmd-paste

Ya, langkah memang lebih sederhana untuk proses paste.

Sekarang anda tidak perlu bersusah – susah lagi mengikuti panduan yang menggunakan command prompt Windows, tapi tetap harap diperhatikan perintah apa yang dijalankan karena ada resiko merusak komputer anda kalau asal menjalankannya.

2 pemikiran pada “Cara melakukan copy-paste di command prompt Windows”

Tulis komentar...