Cara download Offline Installer Java

Kalau anda pernah menginstall Java pasti tahu kalau installer defaultnya adalah bertipe stub (online installer), jadi yang anda download itu sebenarnya adalah program untuk mendownload Java. Ini membutuhkan koneksi internet untuk menginstallnya dan yang pasti membuat proses instalasi jadi lebih repot kalau banyak komputer perlu dipasang Java Runtime Environment terbaru.

Solusinya sebenarnya cukuplah mudah, anda bisa mengunduh Java Offline Installer. Instalasi Java tipe ini bersifat penuh dan tidak perlu online untuk mendapatkan file – filenya. Lokasinya tidak bisa dikatakan disembunyikan sih, cuma jarang saja yang melihat – lihat. Buka saja halaman Java Downloads for All Operating Systems, disini anda bisa mendapatkan link download untuk versi Java terbaru untuk semua sistem operasi (Windows, Mac, Linux dan Solaris).

java-downloads-for-all-operating-systems

Selain anda bisa menggunakan Online Installernya untuk Windows anda juga bisa mendapatkan Offline installer Java disini, dan ini yang kita butuhkan. Kelebihan lain dari jenis installer offline ini adalah anda tidak ditanyai mengenai instalasi Ask Toolbar, iklan, atau tawaran sponsor lainnya yang malah mengganggu jalannya proses instalasi. Saya sendiri selalu menyiapkannya di flashdisk untuk instalasi komputer baru.

Tulis komentar...