Cara edit file teks dalam command prompt

Membuka file teks dan mengeditnya bukanlah masalah dalam Windows, tinggal buka saja pakai Notepad maka selesai ceritanya. Tapi bagaimana apabila kita harus melakukannya dalam command prompt?

Kadang tampilan grafis Windows bermasalah dan memaksa kita bermanuver dengan cmd. Jadi cara ini memang sangat jarang dibutuhkan, tapi apabila diperlukan akan sangat membantu.

cmd-edit

Dan aslinya bukanlah hal yang sulit kalau anda pernah diajari menggunakan MS-DOS di sekolah, tinggal anda ketikkan perintah edit nama_file dan ENTER.

Tampilan kebiruan seperti Turbo Pascal akan muncul, disini anda bisa mulai menuliskan atau merubah apa isi filenya seperti yang diinginkan. Bagusnya lagi kalau pakai CMD itu bisa pakai mouse juga untuk beberapa interaksinya kalau tidak terbiasa pakai keyboard untuk navigasinya.

Saya berikan tips juga, untuk mengakses menu di toolbar pakai keyboard itu dengan menekan tombol ALT dan pakai tombol panah untuk pindah tempatnya. Bisa dikombinasikan dengan huruf putih yang muncul untuk eksekusi perintahnya langsung.

Satu pemikiran pada “Cara edit file teks dalam command prompt”

Tulis komentar...