Cara ekstrak file yang rusak di WinRAR

Pernah mendapatkan file ZIP atau RAR yang rusak, CRC error, atau corrupt? Biasanya anda juga tidak bisa mengekstrak isinya karena adanya error pada arsipnya. Sebenarnya ada cara untuk memaksa WinRAR agar file – file yang terdapat dalam arsip tetap diextract. Penasaran? Silahkan ikuti panduan berikut, mudah kok.

Pada file arsip yang rusak langsung saja klik kanan dan pilih “Extract Files…”.  File arsip yang saya maksudkan ini bisa format RAR, ZIP, 7Zip, ACE, ARJ, BZ2, CAB, GZIP, ISO, JAR, LZH, TAR, UUE, XZ, dan Z, pokoknya jenis file yang didukung oleh WinRAR untuk dibuka atau dibaca semestinya cara yang sama bisa.
winrar-extract-files

Jendela Extraction path and options WinRAR akan muncul, perhatikan bagian Miscellanous di bagian kiri bawah dan beri centang pada Keep broken files. Kemudian klik OK untuk memulai proses ekstraksi file pada lokasi yang telah anda pilih. Kalau anda ingin menggunakan setting memaksa file rusak diekstrak sebagai default maka pada jendela ini juga klik Save settings.

winrar-extraction-path-and-options

Maka seluruh file yang ada akan dikeluarkan semua, tapi ada kemungkinan file – file yang berhasil diekstrak ini rusak atau korup. Kalau ini file video biasanya masih bisa ditonton walaupun ada glitch di beberapa tempat. Tetapi ini masih lebih baik daripada gagal sama sekali bukan?

Satu pemikiran pada “Cara ekstrak file yang rusak di WinRAR”

Tulis komentar...