Cara ekstrak isi file MSI dengan MSITools

MSI (Microsoft Installer) adalah format installer di Windows yang merupakan buatan dari Microsoft yang bisa digunakan untuk menginstall program di komputer. Format ini umum dipakai oleh produk Microsoft atau software yang ingin memanfaatkan hak akses pada lingkungan enterprise yang serba terbatas.

Kadang anda memerlukan hanya satu atau beberapa file saja dari dalam paket instalasi msi dan tidak ingin menginstall aplikasinya, apalagi kalau installer tersebut hanya berfungsi mengesktrak isi paket msi-nya – jadi sebenarnya program yang dibungkus dengan installer berformat MSI ini bisa dijalankan secara portable atau tanpa melalui instalasi.

Dalam kasus seperti ini anda bisa memanfaatkan software MSITools yang tersedia gratis, tampilannya memang sudah ketinggalan jaman – tapi software ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pertama masukkan dulu file MSI yang ingin diekstrak isinya (dalam contoh penggunaan saya menggunakan installer antivirus ESET NOD32 versi 4), kemudian akan terjadi proses scanning paket installer msi dan informasi mengenai file tersebut akan muncul di kotak sebelah kanan.

msitools

Pindahkan tab ke Files dan beri centang pada nama file yang ingin anda ambil.

msitools-msi-file-information

Kemudian tekan tombol Extract Files yang akan muncul jendela untuk memilih lokasi penyimpanan file yang akan diekstraksi dari file MSI.

msitools-choose-folder

Dan.. selesai! Anda bisa melihat bahwa semua file yang dipilih telah berhasil diekstrak ke dalam folder yang telah ditentukan.

msitools-extracted-files-folder

Bisa anda lihat bahwa sebenarnya terkadang kita tidak perlu menginstall software dalam bentuk MSI untuk menggunakannya atau untuk mengambil isinya. Kalau anda ingin aplikasi yang dipaketkan dengan MSI dijalankan secara portable maka ekstrak saja isinya terlebih dahulu dan coba jalankan saja program tersebut, siapa tahu berhasil.

Satu pemikiran pada “Cara ekstrak isi file MSI dengan MSITools”

Tulis komentar...