Cara embed konten di WordPress

Hal ini baru saja saya alami, ingin memasang video dan tweet dalam posting di WordPress sehingga bisa langsung dilihat didalamnya, jadi bukan link saja. Ini selain mempermudah akses media juga membaca apa yang anda maksudkan dengan referensi yang sudah terpasang juga lebih cepat.

WordPress sudah mendukung embed berbagai jenis media sperti video, audio, tweet dan konten – konten lainnya. Berikut adalah daftar situs yang sudah didukung dalam WordPress untuk dipasang didalam posting saat ini: blip.tv, Bunkr, DailyMotion, Flickr, FunnyOrDie.com, Hulu, Imgur, Instagram, Qik, Meetup.com, Photobucket, PollDaddy, Rdio, Revision3, Scribd, SlideShare, SmugMug, SoundCloud, Spotify, Twitter, Viddler, Vimeo, YouTube, dan WordPress.tv. WordPress sendiri juga mendukung protokol oEmbed yang menggunakan teknologi HTML5, tapi masih belum banyak yang menggunakannya.

Menurut keterangan embeds di WordPress.org cukup dengan meletakkan link dari salah satu website diatas akan langsung otomatis dikenali dan ditampilkan kontennya dalam halaman yang diembedkan. Tapi menurut pengalaman saya cara ini kadang tidak bisa diandalkan, dan mencari cara pasti untuk menyisipkan konten kedalam posting.

twitter-embed-tweet

Akhirnya saya menemukan bahwa dengan menggunakan shortcode WordPress [embed] ... [/embed] akan membuat link yang diletakkan diantaranya akan selalu diembed asalkan memang didukung oleh WordPress situsnya. Berikut cara penggunaannya untuk meng-embed sebuah Tweet:
[embed]https://twitter.com/uteknocom/status/433795401007656960[/embed]

Hasilnya akan seperti berikut:

Jadi yang anda harus lakukan adalah menyisipkan link diantara kata [embed] dan [/embed]. Cukup itu saja dan konten yang disisipkan akan otomatis ditampilkan.

4 pemikiran pada “Cara embed konten di WordPress”

    • Malah sebaliknya mas Irfan, fitur ini awalnya hanya ada di WordPress.com dan akhirnya baru ditambahkan ke WordPress self-hosted.

Tulis komentar...