Cara install tema WordPress

WordPress memang sudah sangat terkenal mudahnya dalam membuat website dengan desain indah hanya dengan mengganti tema yang dipakai. Tapi memang setidaknya ada 2 cara untuk menginstall theme WordPress dan ini tergantung berasal dari mana file – file temanya.

Menginstall theme yang berasal dari WordPress.org

Ini adalah yang paling mudah dan memang umum dilakukan. Karena CMS WordPress sendiri sudah terintegrasi dengan repository tema gratis di WordPress.org kita bisa melakukan pencarian dan langsung menginstall dari dasbor.

Anda bisa mengaksesnya melalui menu Appearance (Tampilan) > Theme (Tema) > Add New (Tambahkan Baru). Setelah itu anda bisa melihat tema – tema yang bisa segera diinstall pada situs anda, bisa melihat berdasarkan Andalan, Populer Terbaru dan tentu saja bisa mencari sendiri melalui form yang disediakan.
wordpress-tambahkan-tema

Saat anda klik akan muncul profile mengenai theme tersebut, saya anjurkan untuk melihat preview (pratinjau) untuk memastikan tema tersebut bekerja dengan baik pada blog anda. Jika sudah maka langsung saja klik Install, dan setelah itu tinggal anda aktifkan.

Menginstall theme melalui file ZIP

Sedangkan kalau anda mendapatkan sebuah file ZIP yang berisi tema WordPress maka anda perlu mengakses Appearance (Tampilan) > Theme (Tema) > Add New (Tambahkan Baru) > Upload (Unggah). Klik Browser untuk memilih filenya dan kemudian Install Now (Instal Sekarang).
wordpress-unggah-tema
Silahkan tunggu proses uploadnya selesai, dan kalau tidak ada masalah maka anda bisa langsung mengaktifkannya.

Lainnya

Sebenarnya ada cara ketiga yaitu melalui FTP dan secara manual meletakkan file – file tema secara manual kedalam direktori wp-content/themes/ tapi ini sangat jarang diperlukan karena biasanya ada masalah pada situs WordPress kalau anda terpaksa menggunakan metode ini.

Tulis komentar...