Cara melihat berapa bandwidth hosting yang sudah terpakai di cPanel

Anda sekarang telah memiliki website dan kabar baiknya pengunjung situs web anda meningkat setiap harinya, kabar buruknya penggunaan kuota bandwidth web hosting anda juga ikut meningkat. Ada baiknya anda memantau konsumsi bandwidth website anda apalagi kalau semakin tinggi penggunaannya.

Berapa besar bandwidth web hosting anda pasti telah diinformasikan saat memilih paket hosting, walaupun tampaknya jatah yang diberikan cukup besar (dalam ukuran GigaBytes) tapi kalau website anda berisi gambar, foto, musik, lagu, video dan file multimedia lainnya niscaya akan mempercepat habisnya kuota bandwidth hosting anda.

web-hosting-package

Bagaimana cara melihat sudah berapa besar bandwidth paket web hosting yang terpakai? Ada beberapa cara dan akan saya jelaskan setelah ini, anda bisa mencoba dan memilih cara yang paling mudah bagi anda.

Melihat penggunaan bandwidth melalui Client Area Web Hosting.

Bila web hoster anda menggunakan cPanel dan WHM sebegai aplikasi manajemen web hostingnya anda bisa menggunakan cara ini, jangan khawatir 99% web hosting menggunakan kombinasi aplikasi ini.

Silahkan login ke website penyedia layanan web hosting anda.

whm-client-portal

Kemudian pilih Services dan klik My Services.
web-hosting-client-area-my-services

Pada bagian My Products & Services pilih paket web hosting anda dan klik View Details.
web-hosting-my-products-and-services
Di halaman ini silahkan geser kebawah dan anda bisa melihat berapa besar bandwidth hosting yang telah terpakai dan berapa besar kuota bandwidth anda. Jadi anda bisa mengetahui penggunaan bandwidth dari waktu ke waktu.

web-hosting-services-view-details

Melihat penggunaan bandwidth melalui cPanel

Silahkan buka dulu cPanel dari website anda.
cpanel-overview

Tanpa perlu membuka menu apapun, geser layar agak kebawah maka dibagian sebelah kiri anda akan melihat penggunaan dan jatah bandwidth saat ini secara garis besarnya.
cpanel-stats

Mengetahui penggunaan bandwidth dengan detail di cPanel

Anda bisa melihat detail penggunaan bandwidth dengan mencari bagian Logs dan kemudian pilih Bandwidth.
cpanel-logs

Anda akan disuguhkan berapa besar penggunaan bandwidth per bulan berdasarkan protokol komunikasinya (HTTP, IMAP, POP3, SMTP, FTP), dengan warna merah yang menunjukkan penggunaan bandwidth bulan ini.
cpanel-logs-bandwidth

Bila anda mengklik? salah satu bulan pada halaman ini maka anda akan bisa melihat statistik penggunaan bandwidth per hari juga dilengkapi informasi protokol mana saja yang terpakai.
cpanel-logs-bandwidth-by-day

Dengan berbekal informasi statistik konsumsi bandwidth maka anda bisa mengetahui tingkat pertumbuhan website anda dan memperkirakan kapan saatnya mengupgrade paket hosting anda untuk melayani pengunjung anda semua tanpa adanya masalah.

Tulis komentar...