Cara melihat file atau folder yang sedang diakses di Windows

Kadang kalau Windows sedang bermasalah maka file atau folder yang terbuka tidak akan muncul jendelanya dan kalau dicek dari task manager sebenarnya prosesnya masih aktif. Yang lebih aneh lagi kita tidak bisa menghapus file atau folder tersebut karena pesan error Windows menyatakan bahwa sedang diakses padahal kita sendiri tidak menggunakannya.

Contoh pesan kesalahan yang saya maksudkan adalah seperti berikut:=

  • Cannot delete [nama_file]: There has been a sharing violation. The source or destination file may be in use.
  • Cannot delete [nama_file]: It is being used by another person or program. Close any programs that might be using the file and try again.

Kalau seperti ini kasusnya membuat kita terpaksa merestart komputer karena kita tidak bisa mematikan program yang sedang membuka file atau folder melalui task manager. Nah… kita bisa memanfaatkan program OpenedFilesView untuk mengetahui kenapa file atau folder tersebut terkunci dan tidak bisa dihapus.
openedfilesview

Nanti dalam OpenedFilesView akan langsung muncul daftar seluruh nama file atau folder yang sedang dibuka, dimana lokasinya dan oleh aplikasi apa masih diakses. Selanjutnya untuk mengatasi masalah error tadi kita tinggal klik kanan dan antara menutup akses file (Close Selected File Handles) atau pilih bunuh prosesnya (Kill Processes of Selected Files), saya anjurkan menutup saja daripada mematikan proses untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan kecuali kalau tidak bisa ditutup.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...