Cara melihat gambar format WebP di Windows

WebP adalah format gambar baru yang dikeluarkan dan didukung oleh Google, format gambar ini ditujukan untuk menjadi alternatif dari JPG dengan tingkat kompresi yang lebih baik dan kualitas gambar yang sama dengan sumbernya. Tipe kompresi yang bisa digunakan adalah lossy atau lossless, sehingga ada informasi yang bisa hilang atau tidak tergantung setting yang digunakan – ini yang menyebabkan WebP merupakan saingan JPEG, PNG dan GIF.
webp-logo
Sekarang baru ada beberapa aplikasi yang mampu membaca file WebP (*.webp) dan kebanyakan adalah browser seperti Google Chrome. Bagaimana kalau anda ingin mengintegrasikan kemampuan melihat gambar dengan format WebP di Windows? Mudah saja, install saja codec untuk WebP di Windows. Codec bukannya untuk video atau audio? Jangan salah, gambar kan salah format multimedia juga. Istilah yang digunakan juga sesuai yaitu codec (Compressor Decompressor), kita perlu membaca (decompress) file yang menggunakan format WebP (compressor).

Langsung saja kita mengunjungi halaman proyek WebP oleh Google. Kemudian cari dan download WebpCodecSetup.exe. Terdapat edisi WebP lainnya yang mendukung Linux dan Mac kalau anda membutuhkannya.
webp-featured-downloads

Selanjutnya install saja codec WebP tersebut di komputer anda.

webp-codec-for-windows-setup

Kelebihan dengan menginstall codec WebP di Windows adalah kita tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk membaca format ini, karena codec ini akan dikenali oleh aplikasi yang bisa memanfaatkan codec di Windows.

Tulis komentar...