Cara melihat penggunaan baterai di Android

Ini sebenarnya hal yang tampak jelas dan mudah sekali tapi dari beberapa pertanyaan yang diajukan ke saya kelihatannya walau pemilik handphone Android tahu baterainya boros sekali tapi tidak tahu apa yang menghabiskannya. Walau ada tips dan trik umum untuk menghemat baterai kadang perlu dioptimalkan ke masing – masing ponselnya.

Jadi semuanya perlu dilakukan dari hal yang paling dasar yaitu melacak aplikasi atau fitur sistem apa yang menggunakan baterai secara signifikan dan berpengaruh buruk terhadap awet tidaknya baterai. Caranya? Langsung saja buka Settings (Pengaturan/Setelan) dan geser ke bagian Device (Perangkat) kemudian tap pada Battery (Baterai).
android-zenfone-settings-device

Akan muncul status baterai anda saat itu, riwayat penggunaan dan aplikasi apa saja yang tercatat menggunakan baterai secara signifikan. Daftarnya akan diurutkan dari yang terbesar.
android-battery

Dari informasi dan statistik yang ditampilkan ini saya jadi tahu ada Media Server yang tak jelas apa gunanya tapi ikut menghabiskan baterai. Tanpa pikir panjang (tapi saya Google dahulu) langsung dimatikan. Sedangkan Android System dan Android OS wajar kalau memakai daya baterai sebanyak itu. Ini terjadi pada ASUS Zenfone 5 saya dengan Android 4.4.2 Kitkat.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...