Cara melihat halaman website yang sudah hilang di Google

Saya yakin anda pernah mengalaminya yaitu mencari suatu informasi di Google dan kemudian mengklik salah satu hasil pencariannya untuk membaca secara lengkap apa isinya. Sayangnya halaman tersebut atau malah seluruh situs tersebut sudah tidak tersedia, entah karena server hostingnya error (404 Not Found, 500 Internal Server Error, 522 Connection Timed Out, atau 509 Bandwidth Limit Exceeded) atau sudah dihapus. Kalau masih ada hasil alternatif tentunya tinggal mengaksesnya saja, kalau tidak kita harus berusaha memulihkan kontennya.

Hal seperti ini cukup sering saya alami saat mencari referensi untuk tugas kuliah dulu, jadi di Google masih ada dalam hasil pencarian tapi tidak bisa diakses. Ini bisa sementara atau permanen tergantung pemilik websitenya. Kita sebagai pengunjung masih bisa berusaha dengan memanfaatkan Google.

Misal anda mencari suatu hal di Google.co.id dan alamat atau halaman website tersebut sudah tidak ada maka kembali pada hasil penelusuran dan klik pada icon segitiga kearah bawah. Akan ada opsi Cache silahkan diklik.

google-search-cached-similar
Ya, kita akan memanfaatkan Google Cache untuk melihat halaman website yang sudah dihapus atau hilang dari internet. Tentu saja kadang tidak ada informasi terbaru yang sempat disimpan Google, ini bisa anda perhatikan dari tanggal terakhir Google mendatangi halaman tersebut.
google-cache-utekno

Ada kemungkinan gambar dan elemen – elemen website lain juga tidak bisa ditampilkan, ini dikarenakan Google hanya menyimpan teks dan kode HTML situsnya.

Tentu saja kalau website tersebut sudah tidak ada dalam hasil pencarian Google kita akan kesulitan menggunakan Google Cache, alternatifnya anda bisa menggunakan Internet Archive yang menyimpan seluruh konten website dalam periode waktu tertentu selengkap mungkin.

2 pemikiran pada “Cara melihat halaman website yang sudah hilang di Google”

Tulis komentar...