LOADING

Type to search

Windows

Cara memanggil Control Panel

Control Panel merupakan lokasi pusat dari hampir semua setting Windows, dan sebenarnya cukup mudah cara aksesnya, biasanya dari Start Menu sudah ada icon shortcutnya. Masalahnya seiring Windows versi baru fungsi dan tata letak Start Menu ini juga berubah, dan agak menyulitkan juga kalau memberi instruksi menggunakan Control Panel dan ternyata berbeda jenis Windowsnya.

Karena saya sendiri orangnya malas menghapalkan secara mendetail dimana lokasi Control Panel pada setiap edisi Windows, akhirnya saya cuma mengetahui satu cara pasti memanggil Control Panel di Windows apapun yakni melalui run. Jadi baik di Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan semoga di Windows terbaru cara berikut masih bisa digunakan.

Pertama silahkan jalankan run command, bisa melalui Start Menu atau menggunakan kombinasi tombol Windows+R. Setelah itu ketikkan perintah control dan tekan OK atau ENTER.
windows-7-run-control

Voila! Muncul sudah Control Panelnya.
windows-7-all-control-panel-items

Trik semacam ini sudah sewajarnya diketahui oleh para teknisi atau support IT karena kadang lebih cepat dan dijamin berhasil caranya, daripada kita mengobrak – abrik mencari shortcutnya.

Tulis komentar...