LOADING

Type to search

Windows

Cara memanggil Disk Management

Disk Management adalah tool internal dari Windows untuk melakukan pengaturan konfigurasi harddisk, SSD, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Fungsi – fungsi yang disediakan cukup banyak seperti membuat partisi, menggabungkan partisi, mengubah huruf drive, format disk, mengurangi ukuran partisi, menambahkan besar partisi dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ada beberapa cara memanggil Disk Management ini, tapi karena jenis Windows yang berbeda kadang lokasinya berbeda. Karena itulah saya cuma menghapalkan satu cara pasti, yaitu dengan memanggil run command (Windows+R) dan mengetikkan perintah diskmgmt.msc disusul ENTER. Jadi walau anda menggunakan Windows XP, Windows Vista, Windows 8 dan semacamnya yang memiliki desain tampilan berbeda pasti Disk Management akan muncul.
windows-7-run-diskmgmt-msc

Anda akan melihat media penyimpanan apa saja yang terpasang dan dikenali oleh Windows pada saat membuka Disk Management, ini biasa dipisahkan per partisi dan jenisnya apakah harddisk, flashdisk, memory card atau SSD. Cara mengaturnya pun sama cukup klik kanan pada partisi dan pilih salah satu aksi yang anda ingin lakukan.
windows-7-disk-management

Sebagai support kita biasa bergulat dengan harddisk yang rusak, dan disk management ini adalah tool penting dalam diagnosa dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Cukup sering saya mengatur ulang ukuran partisi karena error atau ada kesalahan setting sehingga besar kapasitas sesungguhnya tidak bisa digunakan.

Tulis komentar...