Cara memanggil Task Manager di Windows

Task Manager di Windows adalah aplikasi yang harus anda ketahui dan kuasai di Windows. Cukup dengan tool ini anda bisa mempelajari proses apa saja yang sedang berjalan, berapa memori yang digunakan, berapa persen prosesor yang digunakan, statistik aktivitas jaringan, user yang sedang login dan services yang sedang aktif.
windows-7-task-manager-performance

Hanya sekilas dilihat saja tampak bahwa task manager merupakan tool yang penting untuk mengetahui seluk beluk sistem oeprasi Windows. Task Manager juga bisa digunakan untuk menjalankan program, mematikan proses, shutdown komputer, hibernate, menentukan prioritas proses dan afinitasnya, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara membuka Task Manager di Windows?

Saya akan menyebut satu per satu cara yang saya ketahui untuk memanggil Task Manager di Windows:

  • Klik kanan pada Taskbar dan pilih (Start) Task Manager.windows-7-taskbar-start-task-manager
  • Menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del. Catatan: di beberapa versi Windows tidak langsung membuka Task Manager, kadang akan membuka Security Dialog dan anda bsia memilih Task Manager dari menunya atau menampilkan Welcome Screen.
  • Menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc akan langsung membuka Task Manager.
  • Menjalankan command prompt dan mengetikkan taskmgr.exewindows-7-command-prompt-taskmgr-exe
  • Menggunakan Run atau Search dan mengetikkan taskmgr.exewindows-7-run-application
  • Membuat shortcut ke taskmgr.exe

Lainnya

Kalau task manager di Windows tidak bisa dibuka dan muncul pesan error “Task Manager has been disabled by your administrator”, silahkan ikuti tutorial untuk menghidupkan kembali task manager. Anda juga bisa menggunakan Process Explorer sebagai alternatif Task Manager yang lebih baik.

Tulis komentar...