Cara memasang Google Analytics dengan CloudFlare

Google Analytics merupakan layanan analisa dan statistik website terpopuler juga menurut saya saat ini masih yang terbaik, apalagi semuanya bisa digunakan secara gratis. Cara memasangnya kode pelacakan (tracking script) sendiri cukuplah mudah, anda tinggal menyisipkan kode JavaScript khusus untuk profil situs yang anda masukkan pada setiap halaman yang ingin dilacak.

Hal ini bisa mudah atau sulit tergantung bagaimana struktur website anda, dan apabila menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, atau Drupal maka ada banyak plugin yang bisa membantu anda. Tapi kalau anda menggunakan CloudFlare untuk melindungi keamanan dan mempercepat akses website anda maka bisa memanfaatkan Apps yang mengintegrasikan bebeberapa layanan langsung kedalam situs anda hanya dengan satu klik.

Yang pasti silahkan buat terlebih dahulu properti analytics untuk website yang ingin anda lacak pengunjungnya, nanti catat apa Google Analytics IDnya.

Setelah itu pada dashboard CloudFlare silahkan klik Apps pada domain yang anda ingin pasang Google Analytics.
cloudflare-my-websites
Geser kebawah sampai anda menemukan Google Analytics dan klik Setup. Apabila domain tersebut sudah terdaftar di Analytics maka bisa mencoba Automatic Setup, dan alternatifnya adalah Manual Setup dengan menambahkan Google Analytics UA tadi.
cloudflare-apps-google-analytics-setup
Kalau sudah klik saja Start supaya CloudFlare menyisipkan kode tracking Google Analytics pada setiap halaman website. Tidak lama kemudian anda sudah bisa melihat datanya.

2 pemikiran pada “Cara memasang Google Analytics dengan CloudFlare”

  1. Hello Gan,

    Apakah bisa Tracking Google analytic ni diterapkan pada Website html (Landing Page CPA ane). Apa juga menggunakan Cloudfare?

    Ada panduan yg membahas ini nggak gan dipostingan anda??

    Maklum nih masih Newbie.

    Thanks

    Balas
    • Selamat pagi Heri, bisa mas dan tidak harus menggunakan CloudFlare. Ini cuma trik sederhana bagi yang tidak mau repot mengedit HTML atau menggunakan plugin pada CMS yang digunakan untuk websitenya.

      Kalau panduan secara umum mendaftar dan mendapatkan tracking id Google Analytics malah baru saja dibuat karena pertanyaan anda. 😀

      Misal ada pertanyaan yang lebih spesifik silahkan dikemukakan.

Tulis komentar...