Cara mematikan AdBlock di Mozilla Firefox

Sekarang sudah mulai banyak situs yang akan memblokir akses ke kontennya (video, musik, downloadn, artikel, dan sebagainya) bila di browser pengunjung menggunakan AdBlock yang berfungsi untuk memblokir iklan yang tampil di halaman website. Penggunaan AdBlocker ini kadang secara tidak sadar dilakukan, seperti niat baik teman saya yang menginstallnya di komputer orang lain karena ingin membantu. Tapi hal ini malah kadang mengganggu aktivitas online yang lainnya apalagi kalau sudah muncul larangan akses situs karena terdeteksi, yang tidak paham apa – apa pasti bingung bagaimana selanjutnya.

Jika anda menggunakan browser Mozilla Firefox mungkin anda sadar atau tidak ada sebuah icon baru di bagian sebelah kanan address bar dengan teks “ABP” untuk AdBlock Plus atau “ABE” untuk AdBlock Edge (ini yang saya gunakan, pecahan dari ABP). Nama Addon lain yang mungkin anda gunakan adalah AdBlock saja atau uBlock.

mozilla-firefox-adblock-options

Nah… untuk mematikan AdBlock ini sebenarnya sangatlah mudah, tinggal klik saja iconnya dan akan muncul beberapa opsinya:

  • Disable on [url situs] – Ini akan mematikan fungsi blokir iklan hanya pada website tersebut.
  • Disable on this page online – Sedangkan yang ini akan mematikan AdBlock hanya pada satu halaman itu saja, yang sedang terbuka maksudnya.
  • Disable everywhere – Fungsi AdBlock akan dimatikan pada semua situs.

Setelah anda menentukan pilihannya maka reload halamannya agar iklannya muncul. Tentu saja anda bisa langsung menonaktifkan atau menghapus addonnya kalau merasa tidak dibutuhkan lagi.

Bila urusan anda sudah selesai atau tidak ingin melihat iklan lagi maka hilang centang pada opsi yang pilih sebelumnya dan setelah itu reload tab yang aktif atau restart Firefox.

19 pemikiran pada “Cara mematikan AdBlock di Mozilla Firefox”

    • Halo Pita, berarti ada elemen selain yang ada di alamat website tersebut masih diblokir mbak. Coba matikan secara menyeluruh (Disable Everywhere) atau nonaktifkan saja addonnya mbak.

  1. maaf, di crome tdk ada ekstensi yang terinstal, tapi pemberitahuan ad block selalu muncul, sy coba copas di broser bawaan, (IE) hasilnya sama, terdeteksi adblock, tolong pencerahannya, terima kasih.

    • Berarti ini ada software terinstall yang fungsinya sama dengan adblock mas. Coba dicek daftar aplikasinya.

      Tidak ada nama seperti Ghostery/NoScript kan?

    • Mas coba matikan seluruh addon/pengaya yang aktif. Terus ditelusuri satu – satu mana yang menyebabkan.

Tulis komentar...