Cara mematikan Desktop Cleanup Wizard di Windows

Desktop Cleanup Wizard adalah tool yang sebenarnya tujuannya baik, yaitu membantu anda membersihkan icon – icon shortcut pada layar desktop dari program atau game yang sudah jarang dijalankan atau tidak dibutuhkan lagi. Masalahnya icon shortcut yang dianggap aman untuk dihapus kadang salah dikenali dan proses pembersihannya pun tidak bisa dianggap otomatis, kalau anda mencobanya maka akan tahu bahwa masih butuh intervensi penggunanya.

Kalau di Windows XP akan muncul pesan sebagai berikut:

There are unused icons on your desktop

The desktop cleanup wizard can help you clean up your desktop. Click this balloon to start the wizard.

Karena pesan ini akan sering muncul di sesi berikutnya walau tutup berulang kali, dan memang belum tentu icon yang berada pada desktop tidak berguna – mungkin cuma jarang digunakan saja. Ada baiknya kalau dimatikan saja supaya tidak mengganggu lagi. Cara menonaktifkan Desktop Cleanup Wizard di Windows ini? Mudah kok, ikuti saja langkah – langkah berikut:

Panggil run command (tombol Windows+R), kemudian ketikkan gpedit.msc

windows-run-command-gpedit-msc

Jendela Local Group Policy Editor akan terbuka, navigasikan menuju User Configuration > Administrative Templates > Desktop. Pastikan yang aktif pada folder Desktop bukan pada isinya karena memang didalamnya ada entry lain bernama Desktop. Setelah itu double-click pada Remove the Desktop Cleanup Wizard.

gpedit-user-configuration-desktop

Jendela setting dari Desktop Cleanup Wizard akan terbuka, ubah konfigurasinya menjadi Disabled. Klik OK untuk menyimpan perubahan setting barunya.

gpedit-remove-desktop-cleanup-wizard-setting

Sekarang anda tidak akan diganggu oleh Windows dengan pesan untuk merapikan icon – icon pada desktop anda.

Tulis komentar...