Cara mematikan Desktop Gadget di Windows 7

Gadget merupakan elemen visual kecil yang ditempatkan di layar desktop dan sudah ada sejak Windows Vista, terlepas dari fungsinya yang memang kadang informatif tapi dari pengalaman saya di kantor fitur ini harus dimatikan karena cukup mengganggu dan terkesan tidak rapi tampilan Windowsnya.

Tentu saja kita bisa menghapus gadget yang sudah terpasang di desktop, tapi bukan berarti si pengguna tidak bisa memasangnya kembali. Daripada kita main kucing – kucingan dan membuat perasaan tidak enak antar pegawai maka lebih baik dimatikan saja fitur desktop gadget ini secara permanen.

Anda membutuhkan sebuah modifikasi pada salah satu kebijakan di Group Policy Object (GPO), caranya diawali dengan memanggil run dialog, ketikkan gpedit.msc dan tekan ENTER.

windows-run-command-gpedit-msc

Perintah ini akan memanggil jendela Local Group Policy Editor dan akses folder berikut: User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Desktop Gadgets, kemudian double-click pada Turn off desktop gadgets.

gpedit-user-configuration-desktop-gadgets

Ubah statusnya dari Not configured atau Disabled menjadi Enabled, klik OK untuk menyimpan perubahan konfigurasi.
gpedit-turn-off-desktop-gadgets

Selesai! Sekarang pengguna komputer tersebut tidak akan bisa memasang gadget tambahan apapun pada desktopnya, tapi gadget bawaan Windows tetap akan bisa dipakai.

Tulis komentar...