Cara mematikan download data suara di Android

Pernah di handphone atau tablet Android anda tiba – tiba muncul notifikasi sedang mengunduh (downloading) dengan keterangan “Voice data for text-to-speech” atau “Data suara untuk text-to-speech”? Saya yakin anda bingung karena mungkin tidak mengenali aplikasi apa ini dan fungsinya. Yang membuat jengkel walaupun sudah dibatalkan prosesnya dalam beberapa waktu kemudian akan diulangi lagi secara otomatis.

Akan saya jelaskan dulu fungsi aplikasi Text-to-speech yang memicu proses download suara tadi. Aplikasi default ini (biasanya Google TTS) berguna untuk membaca tulisan yang sedang ditampilkan di handphone anda, dan termasuk kategori aksesibilitas untuk membantu penggunanya. Karena itulah namanya adalah teks-menjadi-ucapan. Paham kan? πŸ™‚

android-downloading-voice-data-for-text-to-speech

Dan yang didownload adalah kumpulan file suara dalam bahasa yang digunakan di Android anda sebagai defaultnya, ini bisa bahasa Inggris atau Indonesia atau lainnya. Yang kecil berukuran 7-9MB dan yang kualitas tinggi bisa 250MB, bisa menguras kapasitas internal storage anda juga jadinya.

Nah… bagaimana cara mematikan download data suara dari Google Text-to-speech ini? Dari ujicoba saya pada handphone Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean dan Andromax C3 dengan Android 4.4.2 Kitkat ternyata lokasinya bisa berbeda.

  1. Settings (Pengaturan).
  2. Language & Input (Bahasa & masukan) atau Accessibility (Aksesibilitas). Lokasinya diantara kedua tempat tersebut.
  3. Bagian Speech (Ucapan) akan ada opsi Text-to-speech output (Keluaran Text-to-speech).
    android-google-text-to-speech-output
  4. Tap pada icon setelan di Google Text-to-speech.
  5. Tap lagi di Google Text-to-speech Engine (Mesin Google Text-to-speech).
  6. Hilangkan centang pada Auto-update voices (Perbarui suara otomatis).
    android-google-text-to-speech-options
  7. Selesai, dan proses unduhan voice data tidak akan muncul kembali. Tapi anda masih bisa mendownloadnya secara manual kalau membutuhkan fiturnya, dan bisa digunakan secara normal.

Kalau anda merasa tidak membutuhkan fitur bantuan ini maka bisa anda matikan permanen, tapi tidak bisa diuninstall kecuali handphone anda diroot.

Semoga bermanfaat. πŸ™‚

70 pemikiran pada “Cara mematikan download data suara di Android”

  1. terima kasih banyak min, saya coba ya
    kebetulan saya mengalami hal ini, semoga ga ganggu lagi
    karena saya cuma bisa paksa berhenti dan hasilnya malah gabisa buat download di playstore.

    • Halo Julia, merek hp dan tipenya apa ya mbak? Bisa juga dituliskan pesan yang muncul saat mendownload. Ini buat menentukan Androidnya pakai aplikasi apa untuk TTSnya, seringnya memang Google atau PicoTTS tapi kadang bisa lain.

    • Halo Fabian, yang muncul apa ya mas dalam setting bahasa & masukan juga aksesibilitas? Ada tidak semacam nama TTS didalamnya? Saya ga pegang hp tersebut soalnya jadi tidak bisa cek langsung.

      Pesan saat download bisa dituliskan juga.

  2. Ada 2 pertanyaan:
    1. Apakah bisa download data suara google secara eksternal, kemudian di taruh pada folder tertentu, sehingga aplikasi google text to speech, dapat membaca data suara ?
    2. Setelah download secara internal dr google text to speech, lokasi file download d folder mana ya ?

    • Halo Jain, pertanyaan menarik mas. Saya cari di Google bahkan tidak ketemu referensinya. πŸ™ Tampaknya tidak bisa dilakukan secara manual kalau itu tujuan masnya.

  3. punyaku gk bisaaa ?? hp merk vivo y21 pdhl wlpn pngatran suara sudah disenyapkan kalo lg ngetik suaranya jadi ikutan muncul sesuai yang diketik..

    • Halo Indah, ioh.. ini bahas lain mbak. πŸ˜€

      Di Pengaturan ada tidak opsi Suara dan getar? Mestinya ada disana mbak. Ini pas ngetik teks saja? Berarti kalau di solusi pertama ga ada ya di setting keyboardnya mbak.

  4. Mas ini hp saya Oppo neo 3, sudah saya lakuin mas berulang” cara di atas tapi masih muncul lagi malah lebih sering muncul dengan tulisan “Wanita untuk bahasa Indonesia” mohon bantuannya

    Thx

    • Halo Oyi, tidak ada aplikasi Text To Speech lain yang terinstall mas? Seperti Pico TTS. Itu sama juga masalahnya.

    • HP saya Xiaomi resmi 4a, sudah saya lakukan seperti di atas , tapi text ikon wanita untuk Indonesia masih saja muncul , mohon solusinya min , makasih,,,

    • Redmi maksudnya mas?

      Coba mas: Settings -> Additional settings -> Language & input -> Text-to-speech output.
      Tap icon gear pada “Google Text-to-speech Engine” -> “Install voice data”. Kalau ada Voice set 2 hapus saja.

  5. Mau coba bantu, mungkin berhasil karna saya sudah coba. Untuk menghilangkan saja notifikasinya setelah mengikuti langkah diatas tekan aja notifikasi itu lama-lama, nanti ada tanda seru di notifikasi tsb di tap aja. Ntar ada pilihan hentikan tampilan notifikasi dari fitur ini, blokir centang aja, terima kasih. Semoga berhasil

  6. Sudah saya coba cara di atas, tapi tetep muncul lagi notifikasinya. Hp saya Samsung Galaxy Ace 3. Selain Google TTS cuma ada Samsung TTS yg terinstall. Pakai cara mas Ivhan juga tidak bisa. Pesannya sama dg yg ada digambar, tapi belum ada sudah berapa persen proses downloadnya. Mohon bantuannya mas πŸ™

    • Coba lewat sini mas: Settings -> Additional settings -> Language & input -> Text-to-speech output. Tap icon gear di “Google Text-to-speech Engine”.

  7. Skali kali mencoba ehh malah bisa cranya jangan takut salah caranya klo ingin mencoba harus sedikit-dikit mikir juga carinya pasang data suara pencet kluar bahasa indonesia pencet setelah itu cari tanda Γ— pencet setelah itu selesai ini saja informasi saya yg kurang tau baca

  8. Maksutnya nada dering, sama klo nlp yang nerima suara kita kecil banget. Padahal pengaturan volum pada settings audio semua di maksimalkan

    • Diganti ke PicoTTS tidak bisa mas?

      Kalau Settings > Language & Input > Text-to-speech > Google TTS > Install voice data > English (US).

  9. hallo gan…
    hp saya oppo N1 sudah sya ikuti saran dari agan tetapi masih tetap sama
    tulisannya “mendownload bahasa indonesia (data pengenalan ucapan offline)”
    kira-kira masalahnya ada dimana ya gan
    soalnya tidak mau berhenti selalu saja muncul pengunduhan tersebut

    Terima kasih

  10. Hp saya tab samsung a 2016, saya mau tanya mas, tab saya sering muncul suara wanita yg berbunyi *warning ……..*
    Gimana solusinya ya, soalnya mengganggu bener dengan suara wanita tsb.
    Terima kasih..

    • Ada notifikasi yang muncul mas? Atau pesan lengkapnya apa ya?

      Apa bukan kena malware atau kepanasan ya. Agak sulit saya menebaknya.

  11. dihape a37 kok tiba-tiba muncul ditengah jayak lambang messenger gitu, pak ditekan getar. terus ngeluarin suara kek google to speech. cara ngilanginnya gimana ya?

Tulis komentar...