Cara mematikan gambar di Google Chrome

Gambar di internet merupakan salah satu elemen yang memperindah tampilan web dan faktor yang memakan bandwidth koneksi internet anda. Kalau anda ingin menghemat kuota akses internet anda atau memang tidak membutuhkan gambar dalam browsing website sebaiknya dimatikan saja memuat semua gambar secara otomatis pada Google Chrome.

Mencegah Google Chrome memuat gambar

Caranya sebenarnya mudah, akses saja menu di bagian kanan atas dan pilih Settings.

google-chrome-menu

Anda bisa mengakses halaman settings Google Chrome dengan mengetikkan alamat chrome://settings/ pada address barnya. Kemudian geser halaman Settings ke paling bawah dan klik “Show advanced settings…”.

google-chrome-settings

Cari bagian yang dinamakan Privacy dan klik pada tombol “Content settings…”.

google-chrome-settings-privacy

Atau anda bisa membuka halaman setting konten Google Chrome dengan mengetikkan alamat berikut pada omnibox Chrome : chrome://settings/content.

google-chrome-content-settings

Selanjutnya cari bagian Images dan ubah pilihannya dari “Show all images (recommended)” menjadi “Do not show any images” untuk tidak menampilkan gambar apapun pada saat memuat website.

Memuat gambar dengan pengecualian di Google Chrome

Tentunya anda bisa membuat aturan bahwa hanya situs – situs tertentu yang diblokir gambarnya atau sebaliknya hanya website tertentu yang dimuat gambarnya kalau ada. Cukup klik tombol “Manage exceptions..” dan anda akan dibawa ke halaman pengecualian gambar. Anda juga mengaksesnya langsung dengan mengetikkan alamat berikut: chrome://settings/contentExceptions#images pada kotak alamat Google Chrome.

google-chrome-content-settings-image-exceptions

Disini anda cukup mengisikan alamat website dan menentukan apalah diperbolehkan dimuat gambarnya (Allow) atau diblok menampilkan gambarnya (Block).

Saya mencontohkan kalau situs Vine.co diblokir untuk dimuat seluruh gambarnya, bisa dilihat bahwa tampilannya akan tidak sempurna karena tidak muncul gambar sama sekali dan ini membuat kita tidak bisa dengan mudah menggunakan situs tersebut.

google-chrome-vine-co-blocked-image

Ada kemungkinan kalau Google Chrome tidak menampilkan gambar pada saat membuka website disebabkan kesalahan setting pada pemuatan konten Google Chrome. Ini yang membuat Mozilla Firefox menyembunyikan setting menampilkan gambar atau tidak pada versi terbarunya. Sebaiknya anda cek dulu setting konten Google Chrome sebelum menyalahkan website, koneksi internet atau teman anda.

8 pemikiran pada “Cara mematikan gambar di Google Chrome”

    • Halo Iwan, saya belum pernah membahas SEO khususnya tentang Image Alt. Tapi kalau anda menggunakan WordPress install saja plugin SEO Friendly Images yang akan membuatkan secara otomatis isi alt text-nya berdasarkan nama gambar yang diupload.

Tulis komentar...