Cara mematikan gambar di Opera

Opera adalah salah satu web browser alternatif favorit saya sejak jaman SMA dulu, merekalah yang pertama kali memberikan fitur progressive image download (gambar akan diunduh dan disusun selama proses, jadi anda bisa melihat apa isinya walau belum selesai). Tidak hanya itu fitur gesture membuat kita bisa mengendalikannya menggunakan gerakan mouse, dan ini masih secuil dari seluruh fitur yang ada dari Opera Web Browser.

Tapi kali ini kita fokus terhadap bagaimana cara menghemat konsumsi bandwidth kita yang dari providernya menyatakan serba unlimited tapi ternyata ada syarat dan ketentuannya. 🙁

Kalau anda menggunakan Opera maka anda bisa menonaktifkan seluruh gambar yang ada dalam website saat mengaksesnya, ini mempercepat prosesnya karena tidak ada elemen tambahan yang perlu dimuat dan tentu saja tidak membuang – buang kuota karena belum tentu gambar tersebut adalah wajib adanya.

Sekarang silahkan klik tombol menu Opera di kiri atas dan pilih Settings (atau tekan tombol ALT+P).
opera-menu

Ubah ke bagian Websites dan geser kebawah sampai anda menemukan Images, ubah opsinya dari “Show all images (recommended)” menjadi “Do not show any images”. Selesai dan tidak perlu menekan tombol apapun untuk menyimpan konfigurasi barunya.
opera-settings-images-location-media

Sekarang kalau anda mengakses situs apapun maka tidak ada foto atau gambar yang akan muncul, tampilannya seperti website rusak sih… tapi masih berfungsi sempurna kok. Anda tinggal membatalkan saja setting sebelumnya kalau membutuhkan tampilannya normal kembali.
opera-images-disabled

Ini cocok bagi kita yang perhatian untuk penggunaan bandwidth internet. Walau kecepatan internet di Indonesia sudah jauh lebih baik daripada dahulu tapi yang sering membatasi adalah kuota bandwidthnya. Karena itulah kalau yang anda butuhkan adalah informasi saja yang biasanya berbentuk teks atau dokumen maka lebih baik dimatikan saja gambar dalam browser sampai anda memerlukannya.

Tulis komentar...