LOADING

Type to search

Software

Cara mematikan JavaScript di Google Chrome

JavaScript merupakan salah satu komponen penyusun penting dalam teknologi web modern. Dengan memanfaatkan web broser sebagai mesin penggerak kode – kodenya maka website tersebut akan menjadi dinamis dan mampu berinteraksi ke pengunjung. Tapi kenyataannya tidak semua orang membutuhkan JavaScript dalam browsing di internet, sebagian dari pengguna Google Chrome mungkin memerlukan cara untuk mematikan JavaScript.

Kenapa kita perlu mematikan JavaScript? Oke, JavaScript merupakan bagian tak terpisahkan dalam website modern tapi juga sering disalahgunakan. Seperti jendela popup yang menganggu, script pembajak software atau malah memata – mati kegiatan browsing internet anda. Bahaya bukan? Tidak ada salahnya kita menggunakan JavaScript hanya pada situs yang dapat dipercaya.

Bagaimana cara mematikan JavaScript di Google Chrome? Pertama anda perlu mengakses Settings dari tombol menu di sebelah kanan atas Google Chrome – atau anda bisa mengaksesnya dengan mengetikkan alamat chrome://settings/ dan menekan tombol Enter.

google-chrome-menu

Geser halaman Settings ke bagian bawah dan klik pada Show Advanced Settings…

google-chrome-settings

Bagian tingkat lanjut dari setting Google Chrome akan terbuka, kemudian cari bagian Privacy dan klik tombol Content settings…

google-chrome-settings-privacy

Jendela setting konten Google Chrome akan terbuka, anda juga bisa mengaksesnya langsung dengan mengetikkan alamat chrome://settings/content dan dilanjutkan menekan tombol Enter. Selanjutnya cari bagian JavaScript.

google-chrome-content-settings-javascript

Ada 2 opsi yang bisa anda pilih:

  • Allow all sites to run JavaScript (recommended) – Perbolehkan semua situs menjalankan JavaScript, ini yang direkomendasikan.
  • Do not allow any site to run JavaScript – Mencegah semua situs untuk menjalankan JavaScript.

Silahkan pilih sesuai keinginan anda.

Anda juga membuat pengecualian dengan menggunakan Manage exceptions…, anda bisa mengaksesnya langsung dengan mengisikan alamat berikut chrome://settings/contentExceptions#javascript dan tekan Enter. Disini anda memasukkan daftar situs yang tidak termasuk setting JavaScript yang telah anda tentukan diatas. Masukkan alamat website dan tentukan ijinnya, Allow berarti memperbolehkan JavaScript dan Block untuk meblokir JavaScript.

google-chrome-javascript-manage-exceptions

Pergunakan opsi mengaktifkan dan menonaktifkan JavaSCript dengan bijak, karena banyak website yang akan tidak berfungsi dengan baik kalau kemampuan menjalankan JavaScriptnya mati.

Tags

Tulis komentar...