Cara mematikan koreksi dan prediksi teks di Android

Oke, ini salah satu hal yang paling mengganggu saya saat mengetik di handphone Android saya yang baru. Memang tugasnya adalah membantu kita saat menulis dan akan langsung diberi kata lengkapnya untuk dipilih atau otomatis membenarkan tulisan yang anda ketik. Tapi fitur koreksi teks ini malah membuat saya berebut penulisan apa yang paling benar, dan membuat saya memperbaiki tulisan sendiri. Tergantung kebiasaan penggunaan memang dan yang pasti saya tidak, kalau anda seperti saya maka lebih baik dimatikan saja.

Jadi nanti hasil akhirnya adalah tidak ada kotak yang berisi prediksi ketikan atau otomatis koreksi teks saat anda mengetik di SMS, chatting atau aplikasi semacamnya yang menerima input tulisan. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean), kalau berbeda versi silahkan diadaptasikan caranya.

android-bbm-text-suggestion

Langsung saja buka Settings (Pengaturan), lihat pada bagian Personal dan tap pada Language & input.
android-settings-personal

Selanjutnya pada bagian Keyboard & Input Methods tap setting di sebelah Android keyboard (AOSP).
android-language-input-keyboard-input-methods

Android keyboard settings akan terbuka, geser sampai menemukan bagian Text Correction. Tap pada Auto-correction untuk mematikan fungsi otomatis membetulkan penulisan suatu kata, dan untuk menyembunyikan kata – kata yang disarankan saat mengetik tap pada Show correction suggestions dan ganti menjadi Always hide.
android-keyboard-settings-text-correction

Selesai! Sekarang kita tidak akan diganggu lagi dengan opsi – opsi input keyboard tambahan di Android, setidaknya saya lebih menyukai mengetik dengan cara manual tanpa intervensi dari Android.

107 pemikiran pada “Cara mematikan koreksi dan prediksi teks di Android”

    • Wah ini handphone biasa ya mbak. 🙁 Saya kurang tahu kalau ini. Coba cke di mode input apakaha bisa diganti format pengetikannya.

Tulis komentar...