Cara mematikan notifikasi Group di BlackBerry Messenger

BlackBerry Messenger (BBM) sudah menjadi pilihan utama chatting handphone di Indonesia, apalagi sejak merilis softwarenya untuk Android, iOS dan Windows Phone sudah tidak ada lagi penghalang antar pengguna BBM berkomunikasi satu sama lainnya.

Salah satu yang cukup mengganggu apabila group yang kita ikuti cukup aktif tapi isinya hanya bincang – bincang basa basi saja. Bisa ramai benar handphone saya. Karena saking populernya sebagai pilihan utama chatting sering kali BBM saya berbunyi tang-ting-tung setiap ada pesan atau notifikasi dari group yang saya tergabung di dalamnya.

Karena itulah saya berusaha hanya mematikan pesan notifikasi kalau ada update pada grup – grup BBM yang saya ikuti. Disini saya memakai BBM for Android, untuk di sistem operasi handphone lain mungkin ada perbedaan.

Langkah awalnya adalah dengan membuka Groups untuk menampilkan grup apa saja anda bergabung. Kemudian tap pada nama grup yang ingin dinonaktifkan pemberitahuannya. Pada halaman profil utama grup tersebut tap lagi pada tombol More… di kanan bawah.
android-bbm-group-more

Pilihlah Group Settings, pada bagian General ada 2 konfigurasi yang bisa anda pilih settingnya untuk jenis notifikasi:
android-bbm-group-settings

  • Chat notifications for this group – Bila dalam keadaan “ON” maka anda akan diperingatkan setiap ada pesan baru.
  • Picture notifications for this group – Jika dalam kondisi aktif maka anda akan diberitahukan bahwa ada gambar baru yang diupload ke grup.

Untuk mematikannya cukup tap pada opsi yang ada menjadi “OFF”, sebaliknya jika ingin menghidupkannya maka ubah menjadi “ON”. Setelah itu (tergantung setting yang dipilih) anda tidak akan menerima notifikasi dari setiap aktivitas grup tersebut pada handphone anda. Jadi anda perlu melakukan hal ini untuk setiap grup yang ingin anda matikan notifikasinya.

Setidaknya handphone Android saya sekarang tidaklah ribut terus karena chatting tidak penting. 😀

2 pemikiran pada “Cara mematikan notifikasi Group di BlackBerry Messenger”

    • Selamat pagi Haris, oh ya mas? Saya baru tahu di BBM untuk iPhone tidak ada settingnya. 🙁 Sudah diupdate ke versi terbarunya? Saya pikir sama saja soalnya.

Tulis komentar...